KESADARAN KELUARGA TERDIDIK TERHADAP KETIDAKADILAN DI MASYARAKAT PADA KELUARGA PASCA BENCANA (STUDI KASUS KESEJAHTERAAN SOSIAL PADA MASYARAKAT DUSUN PANGUKREJO, DESA UMBULHARJO, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN, D.I YOGYAKARTA )

EMA SETYA DARA ROMASARI, NIM. 13250052 (2017) KESADARAN KELUARGA TERDIDIK TERHADAP KETIDAKADILAN DI MASYARAKAT PADA KELUARGA PASCA BENCANA (STUDI KASUS KESEJAHTERAAN SOSIAL PADA MASYARAKAT DUSUN PANGUKREJO, DESA UMBULHARJO, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN, D.I YOGYAKARTA ). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KESADARAN KELUARGA TERDIDIK TERHADAP KETIDAKADILAN DI MASYARAKAT PADA KELUARGA PASCA BENCANA (STUDI KASUS KESEJAHTERAAN SOSIAL PADA MASYARAKAT DUSUN PANGUKREJO, DESA UMBULHARJO, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN, D.I YOGYAKARTA ))
13250052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KESADARAN KELUARGA TERDIDIK TERHADAP KETIDAKADILAN DI MASYARAKAT PADA KELUARGA PASCA BENCANA (STUDI KASUS KESEJAHTERAAN SOSIAL PADA MASYARAKAT DUSUN PANGUKREJO, DESA UMBULHARJO, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN, D.I YOGYAKARTA ))
13250052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Bencana alam erupsi Gunung Merapi tahun 2010 berdampak pada masyarakat yang hidup di sebelah selatan lereng Gunung Merapi, khususnya pada masyarakat Dusun Pangukrejo. Masyarakat Dusun Pangukrejo setelah mengungsi selama kurang lebih 2 bulan, tidak bisa kembali ke tempat tinggal mereka, karena tempat tinggal mereka telah rusak terkena awan panas Gunung Merapi, bahkah hewan-hewan ternak mereka juga mati. Kerusakan tempat tinggal serta matinya hewan-hewan ternak tersebut membuat masyarakat Dusun Pangukrejo kehilangan mata pencaharian. Maka dengan kondisi yang demikian membuat masyarakat Dusun Pangukrejo berusaha mencari mata pencaharian baru untuk keberlangsungan hidupnya, yaitu dengan membuka wisata bencana Volcano Tour. Adanya wisata bencana Volcano Tour serta perubahan mata pencaharian tersebut membuat masyarakat Dusun Pangukrejo mengalami peningkatan pendapatan apabila dibandingkan dengan pra bencana alam. Dengan demikian maka kesadaran pendidikan formal pada keluarga pasca bencana di Dusun Pangukrejo perlu dikaji, megingat pendidikan formal sangat berkaitan dengan tingkat perekonomian keluarga. Dalam mengkaji kesadaran pendidikan formal pada keluarga pasca bencana di Dusun Pangukrejo, penulis menggunakan teori Abraham maslow mengenai lima hirarki kebutuhan dan teori Paulo Freire mengenai kesadaran. Penelitian ini merupakan studi lapangan yang datanya diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian setelah data terkumpul, direduksi, disajikan dan diverifikasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bawasannya keluarga pasca bencana di Dusun Pangukrejo berada dalam kesadaran naif dalam memaknai pendidikan, dengan ciri-ciri anak-anak malas sekolah, semua permasalahan bersumber dari diri manusia itu sendiri, serta menganggap pendidikan formal membutuhkan biaya yang besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Zainudin, M.Ag. NIP 196608271999031001
Uncontrolled Keywords: Kesadaran, pendidikan formal, keluarga pasca bencana
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:35
Last Modified: 17 Jul 2017 07:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26596

Actions (login required)

View Item View Item