PERAN ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI PANTAI NGRENEHAN, DUSUN GEBANG, DESA KANIGORO, KECAMATAN SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

LINAWATI, NIM. 13250089 (2017) PERAN ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI PANTAI NGRENEHAN, DUSUN GEBANG, DESA KANIGORO, KECAMATAN SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI PANTAI NGRENEHAN, DUSUN GEBANG, DESA KANIGORO, KECAMATAN SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA)
13250089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN ISTRI NELAYAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI PANTAI NGRENEHAN, DUSUN GEBANG, DESA KANIGORO, KECAMATAN SAPTOSARI, GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA)
13250089_LINAWATI_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Dalam berumah tangga dibutuhkan sebuah hubungan yang harmonis. Perlu adanya keselarasan dan pemahaman bersama antar anggota keluarga mengenai fungsinya masing-masing. Bahkan sangat dibutuhkan peran saling membantu atau saling melengkapi antar anggota keluarga tersebut. Terlebih terhadap keluarga yang dikategorikan sebagai keluarga pra sejahtera. Sangat dibutuhkan ketika salah satu anggota keluarga yang lain kurang maksimal dalam menjalankan perannya, maka anggtota keluarga yang lainnya berperan untuk membantu menjalankan peran tersebut. Penelitian ini berjudul “Peran Istri Nelayan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Pantai Ngrenehan, Dusun Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul Yogyakarta”. Dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan bagaimana peran istri nelayan di Pantai Ngrenehan, Dusun Gebang dalam membantu meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Peneliti disini melakukan observasi dengan jenis teknik observasi non partisipan. Artinya peneliti berada diluar subjek yang diamati dan tidak ikut kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh subjek penelitian. Kemudian penelitian ini menggunakan teori gender feminisme, teori peran istri, teori motivasi dan indikator kesejahteraan keluarga sebagai acuan dalam melaksakan dan penelitian tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan apa saja peran yang dilakukan oleh istri nelayan dan motivasinya dalam berperan membantu meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Penelitian ini berlokasi di Pantai Ngrenehan, Dusun Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa istri nelayan di Pantai Ngrenehan Dusun Gebang, memiliki peranan besar dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan keluarganya, yaitu sebagai kepala keluarga ketika suami pergi melaut dalam kurun waktu yang lama, sebagai ibu rumah tangga dan sebagai pendidik bagi anak-anaknya, selain itu, para istri nelayan juga turut serta membantu perekonomian keluarga yang dikarenakan penghasilan suami yang tidak menentu. Meskipun melakukan berbagai peran, namun para istri tidak lupa akan tugasnya sebagai manusia yang perlu bersosialisasi dengan masyarakat. Sekaligus mempunyai rasa sadar untuk melakukan peranan tersebut. Artinya istri- istri nelayan di Dusun Gebang tidak mendapat paksaan dari siapapun dalam menjalankan perannya tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suisyanto, M.Pd NIP 19560704 198603 1 002
Uncontrolled Keywords: Peran, Isti, Nelayan, Kesejahteraan, keluarga.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Jul 2017 07:46
Last Modified: 17 Jul 2017 07:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26601

Actions (login required)

View Item View Item