KESADARAN GENDER PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII) (Studi Organisasi PMII Komisariat Universitas Islam Negeri Yogyakarta)

AMINAH, NIM. 10720004 (2017) KESADARAN GENDER PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII) (Studi Organisasi PMII Komisariat Universitas Islam Negeri Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESADARAN GENDER PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII) (Studi Organisasi PMII Komisariat Universitas Islam Negeri Yogyakarta))
10720004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KESADARAN GENDER PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII) (Studi Organisasi PMII Komisariat Universitas Islam Negeri Yogyakarta))
10720004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Nahdlatul Ulama merupakan salah satu organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia. Aliran agama NU bersifat tradisional nasionalis yang menggunakan kitab klasik sebagai kajiannya. Kitab klasik yang digunakan dalam pesantren NU terkenal mengedepankan laki-laki, sehingga NU dilabel masih kental dengan budaya patriarkhinya. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia merupakan turunan dari ormas NU (walaupun PMII dan NU telah menyatakan independen, tetapi budaya, adat maupun ajaran NU-PMII masih mempunyai hubungan yang kuat). Dengan adanya hubungan yang telah mendarah daging, akankah melahirkan kesenjangan gender dalam PMII yang mana kader dominan jebolan dari pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesadaran gender dalam organisasi PMII Komisariat UIN SUKA Yogyakarta dilihat dari; komposisi partisipasi kader dalam organisasi, kegiatan yang berbasis gender, akses dan kontrol kader serta kesempatan kader memperoleh kedudukan dalam struktur. Penelitian ini menggunakan teori feminisme liberal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan diskriptif analitik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, dokumentasi serta observasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga langkah yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan masih terjadi kesenjangan dalam organisasi PMII Komisariat. Kesenjangan terjadi terutama dalam ranah komposisi partisipasi dan kesempatan anggota memperoleh kedudukan struktur. Kedua hal tersebut masih terdapat marginalisasi perempuan dan laki-laki untuk mendapatkan kedudukan dalam struktur atas dan kurangnya transparansi antar anggota terlihat dari penarikan dan penempatan anggota tanpa adanya konfirmasi yang jelas terlebih dahulu. Pada dimensi yang lain seluruh kader sudah mendapatkan kesempatan dan porsi yang sama yakni dengan adanya kegiatan wacana gender dan akses serta kontrol yang menyeluruh. Kesenjangan gender dalam PMII Komisariat karena budaya patriarkhi yang sudah mendarah daging dan tafsir Alquran hadis yang terkesan bias gender. Butuh usaha keras untuk merubah mainsed agar kesadaran gender dapat di internalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yayan Suryana, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Gender, PMII Komisariat
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 14:09
Last Modified: 31 Jul 2017 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26626

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum