MOTIF KIAI NU MEMILIH PAN (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Jihad, Dusun Kajujila, Desa Sanalaok, Kecamatan Waru, Kabupaten Pemekasan, Madura)

IMAM JASULI, NIM. 11720026 (2017) MOTIF KIAI NU MEMILIH PAN (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Jihad, Dusun Kajujila, Desa Sanalaok, Kecamatan Waru, Kabupaten Pemekasan, Madura). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIF KIAI NU MEMILIH PAN (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Jihad, Dusun Kajujila, Desa Sanalaok, Kecamatan Waru, Kabupaten Pemekasan, Madura))
11720026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MOTIF KIAI NU MEMILIH PAN (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Nurul Jihad, Dusun Kajujila, Desa Sanalaok, Kecamatan Waru, Kabupaten Pemekasan, Madura))
11720026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Imam Jasuli, Motif Kiai NU Memilih Pan (Studi Kasus Pondok Pesantren Nurul Jihad, Dusun Kajujila, Desa Sanalaok, Kecamatan Waru, Kabupaten Pemekasan, Madura), Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang peneliti dalam melakukan penelitian ini yaitu pertama, kiai pengasuh pondok pesantren mulai aktif dalam bidang politik praktis. Kedua, adanya pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jihad di Madura yang berlatar belakang Nahdlatul Ulama bergabung dengan Partai Amanat Nasional. Ketiga, realitas masyarakat sekitar yang sinis dengan kiai menimbulkan konflik berkepanjangan dengan kiai bersama keluarganya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk pertama, menjelaskan motif kiai pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jihad memilih PAN sebagai pilihan Partai politik. Kedua, untuk mengetahui respon masyarakat terhadap kiai yang memilih PAN. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan wawancara dan observasi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari kiai Armo, Ach. Syamsullah Rahem, Sakwar, Syaiful Rijal, dan Wafi. Selanjutnya peneliti mengumpulkan data dengan cara mengobservasi pondok pesantren yang berupa kiai Armo beserta keluarganya dalam melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan PAN. Selain itu pengamatan juga peneliti lakukan terhadap masyarakat sekitar, yang berupa sikap, tingkah laku dan simbol-simbol yang ada di lingkungannya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menyimpulkan dua hal, yaitu pertama kiai Armo memiliki motif tersendiri dalam mengambil keputusan untuk bergabung dengan Partai Amanat Nasional. Motif kiai untuk masuk ke dalam partai politik PAN ialah ta’ẓîm kepada kiai Dani yang didukung dengan keyakinan, partai berbasis Islam, faktor keluarga dan faktor kepentingan lembaga. Respon masyarakat terdiri dari dua hal, yaitu masyarakat yang selalu merespon positif terhadap kiai Armo dan ada juga yang merespon negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Phil. Ahmad-Norma Permata, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: : Pondok Pesantren Nurul Jihad, Kiai Armo, Parti Amanat Nasional, Masyarakat
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Jul 2017 07:10
Last Modified: 31 Jul 2017 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26632

Actions (login required)

View Item View Item