BIMBINGAN KONSELING IMPACT BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI DALAM PEMANFAATAN GADGET (PENELITIAN TINDAKAN PADA TUJUH MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

LIA NUR KHOTIJAH, S SOS I, NIM. 1520311019 (2017) BIMBINGAN KONSELING IMPACT BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI DALAM PEMANFAATAN GADGET (PENELITIAN TINDAKAN PADA TUJUH MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KONSELING IMPACT BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI DALAM PEMANFAATAN GADGET (PENELITIAN TINDAKAN PADA TUJUH MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
1520311019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KONSELING IMPACT BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI DALAM PEMANFAATAN GADGET (PENELITIAN TINDAKAN PADA TUJUH MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
1520311019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)

Abstract

Lia Nur Khotijah, Bimbingan Konseling Impact Berbasis Islam untuk Meningkatkan Regulasi Diri dalam Pemanfaatan Gadget (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Bimbingan dan Koneling Islam Angkatan 2015 Fakultas Dakwah dan Komunikasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Rendahnya tingkat regulasi diri dalam pemanfaatan gadget, banyaknya mahasiswa menggunakan gadget ketika jam pelajaran berlangsung dan tidak memanfaatkan gadget dengan baik, tingginya intensitas dan seringnya mahasiswa membuka sosial media yang tidak ada kaitannya dengan mata pelajaran, serta rendahnya kemampuan mengatur pikiran, perasaan dan tindakan yang terencana sebagai upaya pencapaian tujuan pribadi. Konseling impact merupakan salah satu bentuk pendekatan kreatif dalam konseling yang berpedoman pada terapi behavior kognitif, bimbingan dan konseling impact berbasis Islam merupakan hasil dari pengembangan dan kreatifitas konselor yang memodifikasi konseling impact konvensional dengan bimbingan dan konseling Islam. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui Efektivitas Bimbingan dan Konseling Impact berbasis Islam untuk Meningkatkan Regulasi Diri dalam Pemanfaatan Gadget. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian tindakan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah tujuh mahasiswa yang memiliki tingkat regulasi diri rendah. Adapun dalam mengecek keabsahan data digunakan teknik triangulasi data. Adapun treatmen yang digunakan dalam bimbingan dan konseling impact meliputi konseling Kelompok, sosiometri, Game Gambaran Penilian Diri Positif, Media Smile Card, Media Botol Soda, Media Pensil, Media Gelas, Sepotong Kertas. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diberikan bimbingan dan konseling impact berbasis Islam terjadi peningkatan regulasi diri pada konseli dalam pemanfaatan gadget dibuktikan dengan bangun tepat waktu, menjalankan kewajiban sholat tepat waktu, dapat memanfaatkan gadget ketika jam pelajaran berlangsung maupun ketika berada di luar kelas. Penjelasan di atas memberikan kemajuan terhadap konseli setelah diberikan konseling impact yang berbasis Islam. Perubahan yang terjadi pada setiap konseli memiliki kemajuan masing-masing dengan menggunakan teknik yang singkat dan dampak yang diperoleh dengan media berupa objek atau alat peraga memberikan dampak dan efek ingatan yang dapat bertahan lama pada konseli dalam proses konseling dan pencapaian tujuan konseling.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sriharini, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Islam, Regulasi diri, dan Gadget
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jul 2017 13:33
Last Modified: 18 Jul 2017 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum