ANALISIS PENGARUH KOMPOSISI PEMBIAYAAN, INTERNAL PERBANKAN DAN KONDISI MAKROEKONOMI TERHADAP RISIKO PEMBIAYAAN PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI PULAU JAWA

MARDHIYATURROSITANINGSIH, SESY, NIM. 1520311034 (2017) ANALISIS PENGARUH KOMPOSISI PEMBIAYAAN, INTERNAL PERBANKAN DAN KONDISI MAKROEKONOMI TERHADAP RISIKO PEMBIAYAAN PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI PULAU JAWA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH KOMPOSISI PEMBIAYAAN, INTERNAL PERBANKAN DAN KONDISI MAKROEKONOMI TERHADAP RISIKO PEMBIAYAAN PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI PULAU JAWA)
1520311034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH KOMPOSISI PEMBIAYAAN, INTERNAL PERBANKAN DAN KONDISI MAKROEKONOMI TERHADAP RISIKO PEMBIAYAAN PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI PULAU JAWA)
1520311034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)

Abstract

Bank Pembiayaan Rakyat Syariah yang secara regulasi dituntut untuk mengalokasikan sumberdaya lebih besar pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menunjukkan keberpihakannya pada sektor konsumtif dibandingkan dengan modal kerja. Pembiayaan bagi hasil yang merupakan pola pembiayaan produktif menunjukkan prosentase yang relatif kecil dibandingkan dengan pembiayaan murabahah yaitu 1:5. Sementara risiko pembiayaan perbankan relatif tinggi dan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Selain konsentrasi pembiayaan, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dan UMKM di Indonesia menunjukkan konsentrasi pada sektor geografis yaitu terpusat di pulau Jawa. Ini menjadi tantangan bagi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di pulau Jawa dalam hal pengelolaan sehingga peningkatan pembiayaan tidak diikuti dengan peningkatan risiko. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh komposisi pembiayaan, internal perbankan dan kondisi makroekonomi terhadap risiko pembiayaan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Pulau Jawa. Penelitian ini menggunakan 20 Sampel Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dipulau Jawa dengan periode pengamatan triwulan I 2013 sampai triwulan IV 2016. Pemilihan sampel ditentukan berdasarkan teknik purposive propotionate stratified random sampling. Metode analisis dilakukan dengan software SPSS 23 dan Eviews 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan komposisi pembiayaannya, pembiayaan bagi hasil menunjukkan tidak berpengaruh. Sementara itu, pembiayaan Murabahah menunjukkan hasil berpengaruh positif. Berdasarkan faktor internal perbankan keduanya menunjukkan bahwa capital buffer dan kualitas pembiayaan berpengaruh positif, sementara ukuran bank berpengaruh negatif. Berdasarkan kondisi makroekonomi hanya inflasi yang menunjukkan pengaruh positif, sementara PDRB menunjukkan tidak berpengaruh.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: DR. MISNEN ARDIANSYAH, S.E., M.SI., AK., CA
Uncontrolled Keywords: Internal Perbankan, Komposisi Pembiayaan, Kondisi Makroekonomi, Risiko Pembiayaan
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jul 2017 13:37
Last Modified: 18 Jul 2017 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum