PENGELOLAAN PASAR SLEMAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN SLEMAN NOMOR 17 TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN PASAR KABUPATEN

JEFIK ZULFIKAR HAFIZD, SE, NIM. 1520311050 (2017) PENGELOLAAN PASAR SLEMAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN SLEMAN NOMOR 17 TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN PASAR KABUPATEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN PASAR SLEMAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN SLEMAN NOMOR 17 TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN PASAR KABUPATEN)
1520311050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN PASAR SLEMAN PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN SLEMAN NOMOR 17 TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN PASAR KABUPATEN)
1520311050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)

Abstract

Pasar tradisional/kabupaten merupakan pusat ekonomi kerakyatan di mana masyarakat bisa berperan aktif dalam kegiatan perekonomian melalui kegiatan jual-beli. Sebagian besar pedagang di pasar kabupaten merupakan pedagang ritel. Komoditas yang dijual pasar kabupaten dengan pusat perbelanjaan dan toko modern hampir sama yakni kebutuhan sehari-hari. Pusat perbelanjaan dan toko modern banyak tumbuh dan berkembang di Kabupaten Sleman. Hal ini menjadi ancaman terhadap eksistensi pasar tradisional. Perlu adanya regulasi yang melindungi pasar kabupaten. Selain itu perlu adanya pengelolaan pasar kabupaten melalui pembinaan, pemberdayaan, dan pengendalian. Objek penelitian karya ilmiah ini adalah Pasar Sleman. Tujuan penelitian ini yakni untuk meninjau kesesuaian pengelolaan Pasar Sleman dengan Hukum Islam, mendeskripsikan peraturan perundang-undangan apa saja yang terkait dengan pengelolaan pasar di Kabupaten Sleman, mengetahui pentingnya perlindungan Pasar Sleman, dan menilai kesesuaian pengelolaan Pasar Sleman dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman nomor 17 tahun 2012 tentang pengelolaan pasar kabupaten. Jenis penelitian merupakan studi penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitis yang menggunakan pendekatan yuridis-empiris. Sumber data berasal dari studi lapangan yang dilakukan melalui wawancara kepada para responden dan observasi di Pasar Sleman serta dari berbagai publikasi berupa buku, jurnal, dan internet. Teknik analisis data penelitian ini terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengelolaan Pasar Sleman tidak secara formal menerapkan Hukum Islam namun nilai-nilai Islam ada di dalamnya. Pengelolaan pasar kabupaten di Kabupaten Sleman diatur oleh beberapa yakni Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Peraturan Daerah Kabupaten Sleman, dan Peraturan Bupati Sleman. Pasar Sleman perlu dilindungi karena memberikan kesempatan kepada pedagang untuk memiliki penghasilan dan masyarakat dapat membeli berbagai kebutuhannya. Pasar Sleman juga menjadi sarana interaksi sosial antara pedagang dan pembeli melalui kegiatan jual beli. Pengelolaan Pasar Sleman telah sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman nomor 17 tahun 2012 tentang pengelolaan pasar kabupaten. Hal ini dapat dinilai dari lokasi Pasar Sleman yang strategis, fasilitas dan sarana prasarana lengkap, standar operasi dan prosedur pasar dilakukan dengan cukup baik, setiap pedagang yang menempati kios dan los memiliki SITU dan Kartu Pedagang, adanya pembinaan pedagang, pengembangan pasar, serta pengendalian pasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 1. Dr. SRI WAHYUNI, M.Ag., M.Hum. 2. Dr. H. FUAD ZEIN, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pasar Sleman, Hukum Islam, dan Peraturan Daerah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jul 2017 13:44
Last Modified: 18 Jul 2017 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26646

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum