KINERJA KEUANGAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH MELALUI PENDEKATAN MAQASID SYARIAH INDEX (MSI) DAN PROFITABILITAS

MAIL HILIAN BATIN, SEI, NIM. 1520311054 (2017) KINERJA KEUANGAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH MELALUI PENDEKATAN MAQASID SYARIAH INDEX (MSI) DAN PROFITABILITAS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KINERJA KEUANGAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH MELALUI PENDEKATAN MAQASID SYARIAH INDEX (MSI) DAN PROFITABILITAS)
1520311054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KINERJA KEUANGAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH MELALUI PENDEKATAN MAQASID SYARIAH INDEX (MSI) DAN PROFITABILITAS)
1520311054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Cara yang cukup ampuh dalam menegakkan sistem perekonomian Islam yaitu melalui lembaga keuangan syariah. Lembaga keuangan tersebut salah satunya bergerak di sektor perbankan. BPRS merupakan lembaga keuangan syariah yang berperan dalam menunjang kegiatan perekonomian masyarakat khususnya di sektor menengah ke bawah, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. Hingga saat ini, total BPRS yang ada di Indonesia sudah mencapai 163 perbankan. Perkembangan tersebut tidak diimbangi dengan pengukuran kinerja yang sesuai dengan karakteristik bank syariah. Pengukuran kinerjanya masih disamakan dengan perbankan konvensional padahal kedua jenis bank tersebut memiliki prinsip dan tujuan yang berbeda. Oleh karena itu dibutuhkan model evaluasi kinerja yang sesuai dengan tujuan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kinerja BPRS di Indonesia dengan menggunakan sistem peringkat. Sistem peringkat melihat BPRS mana saja yang menempati posisi tertinggi dan terendah. Peringkat kinerja dapat dilihat dari dua pendekatan yaitu pendekatan maqasid syariah dan profitabilitas. Setelah mengetahui peringkatnya, langkah selanjutnya menganalisis kedua kinerja berdasarkan diagram kartesius empat kuadran dan melakukan Uji Beda masingmasing kuadran. Data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan triwulan periode Maret 2013 hingga Desember 2015. Berdasarkan hasil perhitungan Maqasid Syariah Index (MSI) peringkat pertama ditempati oleh BPRS Bina Amwalul Hasanah dan peringkat terakhir ditempati oleh BPRS Al Wasliyah. Sedangkan perhitungan kinerja profitabilitas dengan metode Comparatif Performance Index (CPI) menempatkan BPRS Cilegon Mandiri di peringkat pertama dan BPRS Daarut Tauhiid berada di peringkat terakhir. Pada kuadran kartesius, sebanyak lima BPRS menempati kuadran kiri atas (Weak Maqasid and High Profitability), pada posisi kuadran kanan atas (Good Maqasid and High Profitability) ada sebanyak 74 BPRS, kemudian kuadran kiri bawah (Weak Maqasid and Weak Profitability) hanya diisi oleh dua BPRS saja, dan terakhir kuadran kanan bawah (Good Maqasid and Low Profitability) terdapat tujuh BPRS. Pada saat dilakukan uji beda, intrepretasi dari masing-masing kuadran dapat dibuktikan tetapi tidak dapat langsung sama jika dilakukan uji beda, perbedaan ini disebabkan karena data yang terdapat dari masing-masing kuadran yang dilakukan pengujian. Uji beda dapat menjadi langkah selanjutnya dari diagram kartesius.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, SE., M.Si., Akt.,CA Dr. Samsul Hadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Lembaga Keuangan Syariah, Kinerja Keuangan, Maqasid Syariah, profitabilitas, Diagram Kartesius, Uji Beda.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jul 2017 13:45
Last Modified: 18 Jul 2017 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26648

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum