PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN PADA MASYARAKAT KAUM MISKIN KOTA : Studi Tentang Peran TAABAH dalam menghadapi Komunitas Ledhok Timoho, Kelurahan Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta

KHUSNI HAJAR, NIM. 11720055 (2017) PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN PADA MASYARAKAT KAUM MISKIN KOTA : Studi Tentang Peran TAABAH dalam menghadapi Komunitas Ledhok Timoho, Kelurahan Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN PADA MASYARAKAT KAUM MISKIN KOTA : Studi Tentang Peran TAABAH dalam menghadapi Komunitas Ledhok Timoho, Kelurahan Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta)
11720055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN PADA MASYARAKAT KAUM MISKIN KOTA : Studi Tentang Peran TAABAH dalam menghadapi Komunitas Ledhok Timoho, Kelurahan Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta)
11720055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Adanya kondisi masyarakat miskin kota di Indonesia khususnya di Yogyakarta menyebabakan berbagai polemik didalamnya. Salah satunya adalah persoalan pendidikan, dari mulai rendahnya kesadaran orangtua terhadap pendidikan anak hingga susahnya mengakses pendidikan yang menjerat warga. Tim Advokasi Arus Bawah (TAABAH) salah satu lembaga sosial yang berasal dari persatuan anak jalan di Yogyakarta melakukan pemberdayaan bagi masyarakat kaum miskin kota dan membantu mereka untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang dan motivasi TAABAH mendirikan sekolah Gajahwong bagi masyarakat kaum miskin kota di Komunitas Ledhok Timoho, Kelurahan Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer yang digunakan adalah wawancara dengan pengurus TAABAH dan Sekolah Gajahwong. Sedangkan data sekunder didapatkan melalui penelusuran dokumentasi di Komunitas Ledhok Timoho dan Sekolah Gajahwong. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan teori teori pilihan rasional James S. Coleman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima alasan mendasar didirikan Sekolah Gajahwong di Komunitas Ledhok Timoho oleh TAABAH: 1) Melindungi hak-hak anak dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak Ledhok Timoho. 2) Upaya untuk merubah kondisi masyarakat serta memutus rantai kemiskinan. 3) Meningkatkan kesadaran orangtua dalam hal pendidikan anak. 4) Meningkatkan motivasi anak-anak untuk bersekolah dan mencegah banyaknya anak yang putus sekolah. 5) Mendapatkan legalitas kependudukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Napsiah, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Pendidikan, Sekolah GajahWong, Komunitas Ledhok Timoho, Masyarakat Kaum Miskin Kota
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Jul 2017 07:14
Last Modified: 31 Jul 2017 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26649

Actions (login required)

View Item View Item