KETERGANTUNGAN MASYARAKAT KAMPUNG GENDINGAN TERHADAP BANK PLECIT Studi di Kampung Gendingan, Kelurahan Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta

DIAN PERTIWI, NIM. 13720041 (2017) KETERGANTUNGAN MASYARAKAT KAMPUNG GENDINGAN TERHADAP BANK PLECIT Studi di Kampung Gendingan, Kelurahan Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERGANTUNGAN MASYARAKAT KAMPUNG GENDINGAN TERHADAP BANK PLECIT Studi di Kampung Gendingan, Kelurahan Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta)
13720041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KETERGANTUNGAN MASYARAKAT KAMPUNG GENDINGAN TERHADAP BANK PLECIT Studi di Kampung Gendingan, Kelurahan Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta)
13720041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Bank plecit merupakan sebutan bagi sektor finansial informal yang meminjamkan uang kepada masyarakat dengan sistem tagihan harian. Keberadaan bank plecit di Kampung Gendingan, Kelurahan Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakata dimanfaatkan masyarakat sebagai penopang aktifitas ekonomi. Bank plecit memberikan kemudahan dalam proses peminjaman yang dilakukan. Hal tersebut membuat bank plecit tetap memiliki eksistensi di tengah banyaknya sektor finansial baik formal maupun informal yang ditawarkan di Kampung Gendingan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui penyebab masyarakat Kampung Gendingan memiliki ketergantungan terhadap bank plecit. Lokasi penelitian berada di Jalan Wahid Hasyim, Kampung Gendingan, Kelurahan Notoprajan, Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data berupa observasi, dokumentasi, wawancara dan analisis data. Teori yang digunakan untuk menganalisis menggunakan teori Habitus. Subjek dalam penelitian ini adalah nasabah bank plecit, bank plecit, tokoh masyarakat dan pemerintah Kampung Gendingan. Objek penelitian ini adalah ketergantungan masyarakat Kampung Gendingan terhadap bank plecit. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Masyarakat Kampung Gendingan memiliki ketergantungan terhadap bank plecit disebabkan karena faktor habitus. Bank plecit telah dianggap sebagai alternatif awal yang paling mudah. Pemilihan tersebut juga didasarkan karena banyak masyarakat yang mempraktikkan pinjaman pada bank plecit. Hal tersebut yang pada akhirnya menyebabkan pinjaman pada bank plecit dianggap biasa. Bank plecit di Kampung Gendingan seolah telah menjadi alternatif utama dalam menopang kebutuhan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.Sulistyaningsih, S.Sos
Uncontrolled Keywords: Ketergantungan Masyarakat, Bank Plecit
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 14:12
Last Modified: 31 Jul 2017 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26665

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum