HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK DENGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK, RAUDLATUL ATHFAL DHARMA WANITA PERSATUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

NOVITA KUSDIANA, NIM. 1420430001 (2017) HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK DENGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK, RAUDLATUL ATHFAL DHARMA WANITA PERSATUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK DENGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK, RAUDLATUL ATHFAL DHARMA WANITA PERSATUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1420430001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ORANG TUA DAN ANAK DENGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK, RAUDLATUL ATHFAL DHARMA WANITA PERSATUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1420430001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Masalah penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Kemampuan komunikasi orang tua dan anak; 2) Kemampuan bahasa anak; 3) Hubungan kemampuan komunikasi orang tua dan anak dengan kemampuan bahasa Anak. Pada peserta didik RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif explanatory dan asosiatif, menggunakan data primer yang dikumpulkan dengan instrument angket dan dokumentasi Rapport. Populasi penelitian adalah seluruh orang tua dan peserta didik RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016, berjumlah 47 orang. Teknik pengumpulan data primer variable kemampuan komunikasi orang tua dan anak dengan menggunakan angket, sedangkan kemampuan bahasa anak dengan dokumentasi Rapport. Angket yang digunakan telah dievaluasi validitasnya dengan analisis product moment dan reliabilitas dengan teknik Cronbach Alpha, semua pertanyaan valid ( r 0.3) dengan tingkat reliabilitas yang dapat diterima (alpha cronbach 0.7). Kemampuan komunikasi orang tua dan anak di RA DWP UIN Sunan Kalijaga dapat disimpulkan menjadi empat indikator. Buktinya yaitu Protektif, Laizze-faire, Pluralistik dan Konsensual. Terdapat dua indikator komunikasi yang dominan yaitu Pluralistik dan Konsensual dengan prosentase sama sebesar 48,9% kedua indikator ini mempunyai orientasi kepatuhan yang tinggi. Kemampuan bahasa anak di RA DWP UIN Sunan Kalijaga dapat disimpulkan bahwa hasilnya memadai. Buktinya yaitu kategori Mulai Berkembang berjumlah 4,26%, kategori Berkembang Sesuai Harapan sebesar 51,06% dan kategori Berkembang Sangat Baik sebesar 44,68%. Ada hubungan antara kemampuan komunikasi orang tua dan anak di RA DWP UIN Sunan Kalijaga. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji korelasi yang menunjukkan adanya hubungan positif signifikan variabel kemampuan komunikasi orang tua dan anak dengan kemampuan bahasa anak sebesar r = 0.531 dengan p = 0.001 sehingga p 0.05. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi orang tua dan anak memiliki hubungan positif signifikan dengan kemampuan bahasa peserta didik RA DWP UIN Sunan Kalijaga. Artinya semakin baik kemampuan komunikasi orang tua dan anak, maka semakin baik pula kemampuan bahasa anak. Hal ini menguatkan teori Rae Sedwig dalam tulisan Febriyani, Kismiati, dan Aristi, bahwa komunikasi keluarga melibatkan suatu proses menggunakan kata-kata, gerakan tubuh (gesture), intonasi suara, melibatkan suatu tindakan yang menghasilkan pencitraan, melibatkan perasaan dengan maksud mengajarkan, mempengaruhi anggota keluarga dan memberikan pemahaman terhadap suatu hal. Dapat dikatakan bahwa komunikasi keluarga adalah komunikasi yang dilakukan oleh antar anggota keluarga yang dilakukan secara langsung (face to face) dan setiap anggota keluarga yang melakukan komunikasi dapat berperan sebagai komunikan maupun komunikator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: komunikasi orang tua dan anak, kemampuan bahasa anak, TK RA DWP UIN Sunan Kalijaga
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jul 2017 14:53
Last Modified: 18 Jul 2017 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26669

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum