PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN DI TK BESAR HORE LABSCHOOL RUMAH CITTA YOGYAKARTA

MOHAMAD HATTA, NIM. 1520430004 (2017) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN DI TK BESAR HORE LABSCHOOL RUMAH CITTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN DI TK BESAR HORE LABSCHOOL RUMAH CITTA YOGYAKARTA)
1520430004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN DI TK BESAR HORE LABSCHOOL RUMAH CITTA YOGYAKARTA)
1520430004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya suatu upaya guru untuk membina tumbuh kembang anak dan kreativitasnya melalui kegiatan bermain dengan memperhatikan kebutuhan, keunikan dan perkembangannya. Penelitian ini merupakan studi kasus di TK Besar Hore Labschool Rumah Citta Yogyakarta bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan bermain untuk mengembangkan kreativitas anak, menganalisis keberhasilannya dalam bentuk produk serta peran guru dalam kegiatan bermain anak. Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif-naturalistik dengan memasuki area penelitian untuk menafsirkan fenomena yang ditemui melalui metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan mengenai pelaksanaan kegiatan bermain untuk pengembangan kreativitas anak, yaitu: (a) bermain sensori motorik, melibatkan seluruh panca indra dengan aspek kreativitas berbahasa, kejelian, kelenturan motorik dan memecahkan masalah, (b) bermain peran, memerankan tokoh di sekitar anak dengan aspek kreativitas bersosialisasi, berimajinasi, berbahasa, dan kelenturan fisik motorik, (c) bermain pembangunan, menghadirkan ide abstrak menjadi karya dengan aspek kreativitas berpikir, berimajinasi, dan memecahkan masalah, (d) bermain musik, melatih kepekaan rasa dan emosi melalui musik dengan aspek kreativitas berupa emosi, pikiran, perasaan, dan kepekaan isi, (e) bermain konstruktif, mengkonstruk benda menjadi karya dengan aspek kreativitas berpikir, menyelesaikan masalah, imajinasi dan kreasi, (f) bermain sains, melakukan pengamatan terhadap sesuatu dengan aspek kreativitas memecahkan masalah, berbahasa dan analisis, (g) bermain masak-masakan, memberikan kesempatan anak untuk latihan memasak dengan aspek kreativitas berpikir, memperkirakan penyebab, membuat kombinasi dan imajinasi, (h) bermain art day, mengajak anak untuk berkreasi dengan aspek kreativitas berimajinasi, berpikir dan inovasi, (i) bermain membuat ikan, memanfaatkan barang bekas untuk karya dengan aspek kreativitas berimajinasi, berkreasi, dan berpikir kreatif. Semua kegiatan bermain tersebut menghasilkan karya berupa hotel, tank, boneka, sampan, ikan, mobil-mobilan dan lukisan dengan peran guru sebagai pengajar, fasilitator, motivator, inspirator, pengelola kelas, evaluator, pembimbing, demonstrator, komunikator dan pelatih. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi pengetahuan bagi praktisi dan pihak-pihak yang peduli terhadap pendidikan anak usia dini, serta sebagai sumbangsih untuk memperkaya khazanah keilmuan, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan kreativitas melalui kegiatan bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Mahmud Arif, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas anak usia dini, TK besar Hore Labsschool
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jul 2017 02:20
Last Modified: 19 Jul 2017 02:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26677

Actions (login required)

View Item View Item