PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DI RA TIARA CHANDRA YOGYAKARTA

MUAMMAR QADAFI, NIM1520430010 (2017) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DI RA TIARA CHANDRA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DI RA TIARA CHANDRA YOGYAKARTA)
1520430010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN LIVING VALUES EDUCATION (LVE) DI RA TIARA CHANDRA YOGYAKARTA)
1520430010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin menurunnya nilai-nilai karakter di kalangan generasi bangsa. Sehingga, perlu adanya langkah yang harus dilakukan, khususnya di lingkungan pendidikan, untuk mengatasi permasalahan tersebut sejak usia dini. Living Values Education (LVE) adalah salah satu pendekatan yang sangat efektif untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yang dilakukan di RA Tiara Chandra Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana implementasi pendekatan Living Values Education (LVE) dalam menanamkan nilai-nilai karakter anak di RA Tiara Chandra Yogyakarta, (2) bagaimana aktualisasi nilai-nilai karakter pada siswa dengan penerapan pendekatan Living Values Education (LVE) di RA Tiara Chandra Yogyakarta, dan (3) apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam menanamkan nilai-nilai karakter anak dengan pendekatan Living Values Education di RA Tiara Chandra Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi berperanserta, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi LVE dalam penanaman nilai-nilai karakter dilakukan dengan cara memasukkan konten-konten nilai dalam kurikulum. Kurikulum berupa dokumen yang disusun sebagai pedoman dalam proses pembelajaran dan hidden curriculum yang merupakan kesepakatan tidak tertulis yang harus dijalankan oleh seluruh stakeholder atau disebut juga dengan role model. Dua jenis kurikulum ini sangat efektif dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa, sehingga aktualisasi nilai karakter pada siswa RA B sangat terlihat. Beberapa nilai karakter yang sudah tertanam pada siswa antara lain: kedamaian, kejujuran, penghargaan, tanggung jawab, kerjasama, kepedulian, cinta, kebahagiaan, religius, dan kebebasan. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai karakter terdiri dari faktor internal dan ekternal. Faktor internal yaitu stakeholder yang ada di sekolah dan faktor ekternal yaitu orang tua dan masyarakat atau lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: karankter anak Usia living valuas education
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jul 2017 02:35
Last Modified: 19 Jul 2017 02:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26679

Actions (login required)

View Item View Item