INTERVENSI LATIHAN SENSORI MOTORIK DALAM PENGEMBANGAN KINESTETIK ANAK AUTIS DI PUSAT LAYANAN AUTIS (PLA) PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

ZONALISA FHATRI, NIM. 1520430012 (2017) INTERVENSI LATIHAN SENSORI MOTORIK DALAM PENGEMBANGAN KINESTETIK ANAK AUTIS DI PUSAT LAYANAN AUTIS (PLA) PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTERVENSI LATIHAN SENSORI MOTORIK DALAM PENGEMBANGAN KINESTETIK ANAK AUTIS DI PUSAT LAYANAN AUTIS (PLA) PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG)
1520430012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTERVENSI LATIHAN SENSORI MOTORIK DALAM PENGEMBANGAN KINESTETIK ANAK AUTIS DI PUSAT LAYANAN AUTIS (PLA) PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG)
1520430012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (845kB)

Abstract

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik, jumlah autisme di Indonesia pada tahun 2010 diperkirakan mencapai 2,4 juta orang. Pada tahun tersebut jumlah penduduk Indonesia sebanyak 237,5 juta orang dengan laju pertumbuhan 1,14 persen. Jumlah penderita autisme di Indonesia diperkirakan mengalami penambahan sekitar 500 orang setiap tahunnya. Perlu adanya upaya yang dilakukan untuk mengasah kecakapan khusus anak autisme yang menyesuaikan dengan tahap perkembangannya. Perkembangan meliputi seluruh aspek yakni perkembangan bahasa, sosial, emosional, serta perkembangan fisik motorik anak. Namun sering kali para profesionalpun hanya memfokuskan pada masalah-masalah emosi, sosial, dan keluarga. Padahal perkembangan motorik juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan anak autistik. Kemampuan kinestetik dipengaruhi oleh stimulus perkembangan syaraf. Oleh sebab itu, terapi sensori integrasi (SI) menjadi terapi dasar sebelum ditambahkan terapi lain pada anak autis di PLA Prov. Kepulauan Bangka Belitung. Berdasarkan sumber datanya, penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), menggunakan metode penelitian kualitatif yang dianalisis secara deskriptif. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 anak. Responden diambil berdasarkan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan datanya dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latihan sensori integrasi (SI) mencakup 7 bidang yaitu, vestibular, taktil, propioseptif, visual, auditori, gustatori, dan olfaktori. Latihan pengembangannya disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik anak, karena antara anak yang satu dan anak lainnya berbeda. Kemajuan latihan sensori motorik dari kelima subjek, semuanya mempunyai karakteristik kemampuan yang berbeda-beda. Kemajuan atau kecepatan dalam merespons stimulasi latihan mereka dipengaruhi oleh usia, stimulasi lingkungan, serta latihan yang dilakukan di rumah. Faktor penghambat latihan sensori motorik dalam pengembangan kinestetik anak autis di PLA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, antara lain: a. Pengaturan pola makan yang kurang tepat, b. Orangtua tidak konsisten menjalankan PR dari terapis PLA yaitu berupa latihan sensori motorik anak di rumah dengan aktivitas tertentu. Faktor pendukungnya antara lain: 1) Fasilitas yang memadai, 2) Kerjasama/komunikasi yang lancar antar terapis, 3) Sikap penerimaan orangtua/keluarga, 4) Program yang dinamis. Kontribusi keilmuan dalam penelitian ini adalah dengan bertambahnya pengetahuan/informasi baru di lapangan, maka latihan sensori motorik bisa juga diterapkan di PAUD inklusif dengan media yang bisa dimodifikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Juwariyah, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Intervensi, Latihan Sensori-motorik, Anak Autis
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jul 2017 03:05
Last Modified: 19 Jul 2017 03:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26682

Actions (login required)

View Item View Item