METODE MENGHAFAL AL QUR’AN PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TKIT YAA BUNAYYA DAN RA DARUSSALAM YOGYAKARTA)

WAHYU EKO HARIYANTI, NIM. 1520431001 (2017) METODE MENGHAFAL AL QUR’AN PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TKIT YAA BUNAYYA DAN RA DARUSSALAM YOGYAKARTA). Masters thesis, METODE MENGHAFAL AL QUR’AN PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TKIT YAA BUNAYYA DAN RA DARUSSALAM YOGYAKARTA).

[img]
Preview
Text (METODE MENGHAFAL AL QUR’AN PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TKIT YAA BUNAYYA DAN RA DARUSSALAM YOGYAKARTA))
1520431001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (WAHYU EKO HARIYANTI 1520431001)
1520431001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode menghafal Al Qur’an yang digunakan TKIT Yaa Bunayya dan RA Darussalam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dari data tersebut di analisis dengan mereduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ditemukan data metode menghafal Al Qur’an yang digunakan di TKIT Yaa Bunayya adalah klasikal, privat dan murottal. Untuk meningkatkan hasil hafalan anak didik, selama 1 tahun ini TKIT Yaa Bunayya membuat program kelas khusus tahfidz yang diampu oleh seorang hafidzoh. Dari program baru ini, diperoleh hasil dalam waktu 9 bulan anak didik sudah mampu menghafal 36 surat dalam juz 30 (Juz 30 terdiri dari 37 surat). Target hafalan kelompok A adalah 31 surat dalam juz 30 (An Naas - Al Insyiqoq), target hafalan kelompok B adalah 37 surat dalam Juz 30 (An Naas - An Naba’). Sedangkan metode menghafal Al Qur’an yang diterapkan di RA Darussalam adalah sima’i, muraja’ah dan menggunakan media audio visual. Untuk meningkatkan hasil hafalan anak didik, selama 1 tahun ini RA Darussalam menerapkan metode menggunakan media audio visual. Dari metode baru ini diperoleh hasil ada beberapa anak yang mampu menghafal surat melebihi target di kelompok B (QS Al Insyirah). Target hafalan kelompok A adalah 12 surat dalam juz 30 (An Naas - Al Ashr), target hafalan kelompok B adalah 21 surat dalam Juz 30 (An Naas - Al Insyirah) Faktor pendukung program menghafal Al Qur’an di TKIT Yaa Bunayya dan RA Darussalam adalah sama, yaitu faktor anak didik yang semangat dan antusias dalam menghafal, faktor orang tua yang ikut membantu proses menghafal anak di rumah, pendidik/ guru yang menggunakan metode pembelajaran secara tepat dan inovatif, serta sarana prasana yang tersedia di sekolah maupun di rumah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah semangat anak untuk menghafal kadang turun / kondisi kurang fokus, kondisi orang tua yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat mengulang hafalan anak di rumah, serta sarana prasarana yang kurang tersedia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode, Menghafal Al Qur’an, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudlotul Athfal (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jul 2017 10:15
Last Modified: 19 Jul 2017 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26683

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum