PENGEMBANGAN MODUL PAUD BERBASIS KELUARGA UNTUK PENINGKATAN KETRAMPILAN PENGASUHAN DI KELOMPOK BERMAIN AMANAH BUNDA

JAZARIYAH, NIM. 1520431002 (2017) PENGEMBANGAN MODUL PAUD BERBASIS KELUARGA UNTUK PENINGKATAN KETRAMPILAN PENGASUHAN DI KELOMPOK BERMAIN AMANAH BUNDA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PAUD BERBASIS KELUARGA UNTUK PENINGKATAN KETRAMPILAN PENGASUHAN DI KELOMPOK BERMAIN AMANAH BUNDA)
1520431002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PAUD BERBASIS KELUARGA UNTUK PENINGKATAN KETRAMPILAN PENGASUHAN DI KELOMPOK BERMAIN AMANAH BUNDA)
1520431002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (865kB)

Abstract

Penelitian ini diawali kegelisahan peneliti berdasarkan pengalaman dan pengamatan di lapangan. Tidak banyak lembaga pendidikan anak usia dini yang menyelenggarakan program PAUD berbasis keluarga. Selain itu dalam penyelenggaran kegiatan program ini belum ada panduan praktis yang dapat membantu lembaga PAUD dan orangtua untuk memahami materi-materi parenting. Padahal pentingnya keselarasan pendidikan anak usia dini dalam keluarga serta pendidikan yang diselenggarakan lembaga menjadi satu kunci tercapainya tujuan pendidikan anak usia dini secara optimal. Untuk itu peneliti mengembangkan sebuah modul PAUD berbasis keluarga. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul PAUD Berbasis Keluarga, serta mengetahui efektivitasnya dalam meningkatkan ketrampilan pengasuhan. Proses pengembangan meliputi perencanaan, desain dan pengembangan. Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi untuk memberikan penilaian, serta masukan terhadap produk yang dikemb angkan. Setelah itu dilakukan revisi desain produk yang kemudian digunakan dalam ujicoba skala kecil. Revisi produk dilakukan kembali sebelum digunakan dalam ujicoba skala besar. Selanjutnya produk digunakan dalam ujicoba skala besar. Peneliti juga menggali respon orangtua dan saran perbaikan untuk dijadikan acuan dalam melakukan revisi produk sehingga menjadi produk akhir. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran mandiri yang dapat digunakan oleh orangtua. Hal ini didasarkan pada rata-rata skor penilaian keseluruhan validator dalam hal ini ahli media, ahli materi, teman sejawat dan pendidik diperoleh skor 4,53 yang berada pada kategori “sangat baik”. Selanjutnya berdasarkan hasil pretest dengan nilai 23,3 dan posttes sejumlah 32,27menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan pengasuhan sejumlah 8,9 dengan gain standar 0,75 yang berada pada kategori “tinggi”. Observasi terhadap aktivitas pengasuhan orangtua menunjukkan rata-rata skor 4,6 dalam prosentase 92% yang terkategori “sangat tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan modul yang dikembangkan efektif dalam peningkatan ketrampilan pengasuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Modul, PAUD berbasis keuarga, pengasuhan
Subjects: Ilmu Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jul 2017 10:39
Last Modified: 19 Jul 2017 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26685

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum