IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS SENTRA DALAM PENGEMBANGAN SIKAP KREATIF BAGI ANAK USIA DINI DI TK ISLAM TUNAS HARAPAN SALATIGA

AMIN S ABI’ATI, NIM. 1520431007 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS SENTRA DALAM PENGEMBANGAN SIKAP KREATIF BAGI ANAK USIA DINI DI TK ISLAM TUNAS HARAPAN SALATIGA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS SENTRA DALAM PENGEMBANGAN SIKAP KREATIF BAGI ANAK USIA DINI DI TK ISLAM TUNAS HARAPAN SALATIGA)
1520431007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS SENTRA DALAM PENGEMBANGAN SIKAP KREATIF BAGI ANAK USIA DINI DI TK ISLAM TUNAS HARAPAN SALATIGA)
1520431007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap implementasi pembelajaran tematik-integratif berbasis sentra dalam pengembangan sikap kreatif bagi anak usia dini di TK Islam Tunas Harapan Salatiga. Akhir-akhir ini, pembelajaran tematik-integratif dan pembelajaran sentra diyakini sebagai model pembelajaran yang efektif karena mampu mengakomodasi dan menyentuh secara terpadu dimensi emosi, fisik, dan akademik di dalam kelas atau di lingkungan sekolah. Dengan peran serta guru, dan orang tua, serta pihak-pihak pengambil kebijakan maka pelaksanaan model pembelajaran ini pun terbukti secara empirik berhasil memacu pengembangan sikap kreatif bagi anak usia dini. Selain itu, model pembelajaran tematik-integratif berbasis sentra relevan untuk mengakomodasi perbedaan-individu yang ada, hingga mampu menginspirasi anak untuk memperoleh dan membangun pengalaman belajar mereka, sebagai bekal pengetahuan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam metode penelitian ini peneliti menggunakan tekhik pengumpulan data lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan pengintegrasian tema dalam pembelajaran yang dilaksanakan dengan berbasis sentra merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan bermain pada saat pembelajaran. Adapun kriteria pembelajaran tematik integratif berbasis sentra yang dilaksanakan di TK Islam Tunas Harapan Salatiga meliputi: semua yang dipelajari anak haruslah bermakna, anak belajar dari lingkungan kehidupannya, guru mengaitkan semua tema dalam setiap sentra dan menekankan pada keterampilan yang membantu anak mendapatkan pengetahuan melalui aktivitas bermain seraya belajar, ada sumber informasi atau buku-buku yang mendukung topik dalam pemilihan tema, dan ada minat anak serta kreativitas guru dalam menyajikan materi agar anak tidak bosan. Selanjutnya guru hanya menyiapkan pijakan sehingga anak lebih asyik bermain untuk menjelajah dalam menemukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan di TK ini benar-benar dapat mengembangkan sikap kreatif anak usia dini yang terlihat dari aktivitas yang dilakukan dalam setiap kegiatan bermain di berbagai sentra.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W. Ph.D
Uncontrolled Keywords: Implementasi pembelajaran tematik integratif, pendekatan sentra, pengembangan sikap kreatif, anak usia dini
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudlotul Athfal (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jul 2017 03:56
Last Modified: 19 Jul 2017 03:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26689

Actions (login required)

View Item View Item