TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROMOSI TARIF OPERATOR SELULER DI INDONESIA

SULASTRI NIM: 04380034, (2009) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROMOSI TARIF OPERATOR SELULER DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROMOSI TARIF OPERATOR SELULER DI INDONESIA)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (982kB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PROMOSI TARIF OPERATOR SELULER DI INDONESIA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (460kB)

Abstract

ABSTRAK Di era globalisasi, telekomunikasi merupakan kebutuhan pragmatis. Sejak disahkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi, laksana “undangan†bagi pelaku usaha swasta untuk turut berkiprah di sektor industri telekomunikasi sehingga pertumbuhan industri ini progresif dan dinamis, baik dari ragam layanan, jumlah penyedia jasa maupun pengguna jasa. Khusus untuk telepon seluler, ragam layanan yang ditawarkan oleh para penyedia jasa (selanjutnya disebut operator seluler) sangat variatif, baik dari sisi harga (tarif) maupun kualitas jasa sehingga konsumen bisa memilih produk yang sesuai dengan selera, kebutuhan, tingkat ekonomi dan lain-lain. Menilik realitas tersebut maka, para operator seluler pun merasa sangat perlu mengadakan promosi sebagai sarana sosialisasi produk, menghimpun konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama. Dalam aktifitas promosinya, para operator seluler sangat kompetitif mulai dari segi tarif, bonus bicara (telepon), bonus SMS (short massage service), kualitas layanan dan lain-lain. Khusus pada segi tarif pulsa, konsumen sering terkecoh dengan promosi yang dijanjikan. Semisal dalam promosi dikatakan menelpon sangat murah ke semua operator yaitu hanya sekian rupiah per detik, tetapi ternyata ada syarat dan ketentuan lain yang disamarkan oleh operator, salah satunya adalah tarif tersebut mulai berlaku pada detik tertentu dan dalam durasi waktu tertentu. Hal tersebut tentu dapat difahami bahwa para operator seluler dalam berpromosi hanya menonjolkan sisi lebihnya saja tanpa memberikan keterangan tentang adanya syarat secara transparan. Dalam skripsi ini, penyusun tertarik meneliti bentuk propmosi seperti diatas. Dari adanya problem tersebut, maka sebagai masyarakat yang berprinsip pada syariah, sudah selayaknya respek dan mempertanyakan boleh (halal) atau tidak boleh (haram) melakukan promosi dengan menyebutkan tarif yang kurang transparan di tengah-tengah persaingan atau perang tarif operator seluler ? hal inilah yang memberikan kesempatan bagi penyusun untuk melakukan penelitian. Penelitian yang akan dilakukan adalah berupa penelitian kepustakaan (Library Research). Oleh karena kajian ini merupakan kajian tentang promosi tarif operator seluler, maka sumber data primernya adalah dari situs-situs resmi operator seluler di Indonesia. Sedangkan data sekundernya adalah data lain yang dapat mendukung penyelesaian skripsi ini berupa buku, Koran, majalah dan makalah. Selanjutnya, permasalahan promosi tarif operator seluler di Indonesia tersebut dianalisis menggunakan pendekatan normative dengan menggunakan cara berfikir reflektif yakni suatu metode analisis kualitatif yang menggabungkan antara pola pikir induktif dan deduktif, lalu disesuaikan dengan aturan Hukum Islam. Skripsi ini menghasilkan kesimpulan bahwasannya operator seluler di Indonesia dalam melakukan program promosinya menonjolkan sisi lebihnya dan tidak menjelaskan secara transparan semua syarat dan ketentuan tarif yang berlaku sehingga hasil dari promosi tersebut kurang sesuai dengan tujuan promosi itu sendiri, maka dapat dikatakan kurang sesuai dengan ketentuan Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Oman Fathurahman, M.Ag. Abdul Mujib, S.Ag.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tarif operator seluler, Indonesia.
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Aug 2012 21:27
Last Modified: 11 May 2016 12:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2669

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum