PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA ANAK USIA DINI DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS DI TK NEGERI PEMBINA KOTA SALATIGA

SRI MARWIYATI, NIM. 1520431008 (2017) PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA ANAK USIA DINI DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS DI TK NEGERI PEMBINA KOTA SALATIGA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA ANAK USIA DINI DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS DI TK NEGERI PEMBINA KOTA SALATIGA)
1520431008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA ANAK USIA DINI DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS DI TK NEGERI PEMBINA KOTA SALATIGA)
1520431008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Pembelajaran Saintifik pada anak usia dini dalam pengembangan kreativitas di TK Negeri Pembina Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan bersifat verbal atau kalimat. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan- kegiatan yang merupakan bentuk dari implementasi Pembelajaran Saintifik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui proses pengumpulan data, reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Pembelajaran Saintifik merupakan ketrampilan dalam proses pembelajaran baik ketrampilan guru dalam mengajar maupun ketrampilan anak dalam belajar. Dengan ketrampilan (skill) diharapkan menghasilkan guru profesional serta kemandirian siswa dalam belajar, memecahkan masalah, memberikan solusi sehingga menjadi bekal kecakapan hidup dalam menghadapi masa depan. Hasil penelitian menunjukan Pembelajaran Saintifik di TK ini meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan. Dalam menanya belum semua anak mau bertanya sehingga dalam bertanya guru masih dominan. Dalam menalar anak masih cenderung melakukan seperti yang dicontohkan oleh guru dalam membandingkan, mengelompokkan dan pengukuran. Ketrampilan ilmiah yang dimiliki oleh guru di TK Negeri Pembina Salatiga dalam penerapan pembelajaran meliputi organisator, monitor, fasilitator dan evaluator. Belum semua ketrampilan saintifik itu dilaksanakan dengan maksimal, seperti dalam memantau dan mengevaluasi dikarenakan rasio kelas di TK Negeri Pembina yang melebihi rasio ideal yaitu 1:15 sehingga guru kesulitan dalam memantau dan menilai setiap aktivitas ketika anak datang sampai pulang. Dengan pembelajaran saintifik anak belajar dengan melihat, memegang, mendengar, mengumpulkan informasi yang banyak anak menemukan pengetahuan sendiri sehingga merangsang kreativitas serta rasa ingin tahunya. Dengan menanya mampu merangsang percaya diri karena anak mampu berpendapat dan bicara dihadapan orang banyak. Dengan menalar merangsang berfikir kreatif anak sehingga mampu memecahkan suatu masalah. Dengan mengkomunikasikan melalui cerita, gambar, membuat hasil karya mampu merangsang imaginasi, percaya diri, serta rasa ingin tahu yang tinggi sebagai ciri anak kreatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Saintifik, Anak usia dini, Kreativitas.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jul 2017 11:05
Last Modified: 19 Jul 2017 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26690

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum