PERAN OPTIMALISASI SUMBER DAYA SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN CASHFLOW QUADRANT DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOLISTIK - INTEGRATIF DI RA AL MUTTAQIN TASIKMALAYA

YULI SALIS HIJRIYANI, NIM. 1520431014 (2017) PERAN OPTIMALISASI SUMBER DAYA SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN CASHFLOW QUADRANT DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOLISTIK - INTEGRATIF DI RA AL MUTTAQIN TASIKMALAYA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN OPTIMALISASI SUMBER DAYA SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN CASHFLOW QUADRANT DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOLISTIK - INTEGRATIF DI RA AL MUTTAQIN TASIKMALAYA)
1520431014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN OPTIMALISASI SUMBER DAYA SEKOLAH MELALUI PENDEKATAN CASHFLOW QUADRANT DALAM IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOLISTIK - INTEGRATIF DI RA AL MUTTAQIN TASIKMALAYA)
1520431014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (930kB)

Abstract

Sekolah memiliki sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Faktor terpenting bagi suatu lembaga pendidikan anak usia dini adalah mencetak anak – anak yang berprestasi serta tumbuh kembang dengan optimal. Dalam mencapai kepentingan tersebut, berbagai sumber daya sekolah yang ada difungsikan secara maksimal. Langkah tersebut perlu ada beberapa pihak untuk kerja sama dalam menjalani peran sumber daya sekolah. Peran optimalisasi sumber daya sekolah terutama sumber daya keuangan melalui pendekatan cashflow quadrant dalam rangka membangun pembelajaran holistik integratif bagi anak usia dini menjadi penting diteliti di lembaga pendidikan anak usia dini . Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan obyek penelitian RA Al Muttaqin Kota Tasikmalaya. Adapun sifat penelitin ini adalah deskripstif – kualitatif. Berupaya memberikan gambaran – gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran untuk mengeksplorasi data dilakukan dengan cara hubungan yang intensif dengan sumber data kepala sekolah, guru, staff dan penyelenggara pendidikan (yayasan). Data berupa uraian mengenai kegiatan atau perilaku subyek dan dokumen – dokumen lain yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran optimalisasi sumber daya sekolah dalam pendekatan cashflow Quadrant di RA Al Muttaqin merupakan cara untuk meningkatkan sumber daya keuangan sekolah. Kemudian dapat menganalisis keefektifan sumber dana yang dimiliki oleh lembaga RA Al Muttaqin. Terlihat adanya hubungan serta dukungan secara totalitas dalam pembelajaran anak usia dini holistik integratif. Dengan adanya layanan pendidikan yang berpusat pada anak sampai layanan kesejahteraan dalam mendukung penuh semua kegiatan pembelajaran holistik integratif. Hal tersebut menjadikan RA Al Muttaqin memiliki kelancaran bermitra dengan pihak – pihak terkait dalam pembelajaran holistik integratif sehingga kebutuhan esensial anak didik terpenuhi secara optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imam Machali, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Sumber daya sekolah, Pendekatan Cashflow Quadrant, Pembelajaran Holistik Integratif Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Jul 2017 11:17
Last Modified: 19 Jul 2017 11:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26692

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum