ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI KANTOR DINAS PENDIDIKAN DI WILAYAH YOGYAKARTA

AHMAD PRIADI, NIM. 10650039 (2017) ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI KANTOR DINAS PENDIDIKAN DI WILAYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI KANTOR DINAS PENDIDIKAN DI WILAYAH YOGYAKARTA)
10650039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI KANTOR DINAS PENDIDIKAN DI WILAYAH YOGYAKARTA)
10650039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modern disebabkan karena kemajuan di bidang teknologi informasi. Kemajuan teknologi informasi ini ditandai dengan tersedianya perangkat-perangkat pendukung seperti perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan telekomunikasi. Di beberapa kantor instansi milik pemerintah, penggunaan teknologi informasi merupakan hal yang penting pada saat ini. Selain untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, juga mampu mendapatkan informasi-informasi dari pemerintah pusat yang akurat tanpa terhalang oleh ruang dan waktu. Seperti yang dilakukan Kantor Dinas Pendidikan wilayah Yogyakarta, selaku instansi milik pemerintah yang membidangi hal pendidikan berkomiten untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat suatu pendidikan serta memberikan informasi-informasi aktual dari pemerintah secara real-time. Berdasarkan hal tersebut dapat dirumuskan masalah "Bagaimana pengaruh antara faktor sosial, kompleksitas dan kondisi yang memfasilitasi pemanfaatan teknologi informasi dalam penggunaan teknologi informasi terhadap semangat kerja pegawai Kantor Dinas Pendidikan di wilayah Yogyakarta" Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitif. Sumber data yang diperoleh data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan kuesioner. Subjek dalam penelitian ini adalah para pegawai Kantor Dinas Pendidikan wilayah Yogyakarta. Teknik pemilihan responden menggunakan sampling probabilitas (probability sampling) dan sampling nonprobabilitas (nonprobability sampling). Teknik analisis data menggunakan model analisis regresi linier berganda, melalui uji validitas dan reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi memberikan pengaruhnya terhadap semangat kerja pegawai di kantor Dinas Pendidikan di wilayah Yogyakarta. Di mana hipotesis pertama dalam penelitian ini menyatakan bahwa pertama, faktor sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja pegawai. P-value faktor sosial adalah 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 atau thitung 2,949 yang lebih besar titik kritis 1,993. Kedua Hipotesis kedua dalam penelitian ini menyatakan kompleksitas penggunakaan Teknologi Informasi memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja pegawai. P-value kompleksitas sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 atau thitung 3,108 yang lebih besar titik kritis 1,993; dan ketiga, Hipotesis ketiga dalam penelitian ini menyatakan bahwa memfasilitasi penggunaan teknologi informasi dalam menggunakan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja pegawai. P-value kondisi memfasilitasi penggunaan teknologi informasi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 atau t hitung 9,054 yang lebih besar titik kritis 1,993.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Mustakim, S.T.
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, Faktor sosial, Kompleksitas, penggunaan memfasilitasi Teknologi, Semangat Kerja, Pegawai Kantor Dinas Pendidikan
Subjects: Tehnik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Jul 2017 07:46
Last Modified: 21 Jul 2017 07:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26704

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum