PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS HANDS-MINDS ON ACTIVITY SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERHITUNGAN PH UNTUK KELAS XI SMA/MA

HERLINA WIJAYANTI, NIM. 12670021 (2017) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS HANDS-MINDS ON ACTIVITY SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERHITUNGAN PH UNTUK KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS HANDS-MINDS ON ACTIVITY SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERHITUNGAN PH UNTUK KELAS XI SMA/MA)
12670021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS HANDS-MINDS ON ACTIVITY SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERHITUNGAN PH UNTUK KELAS XI SMA/MA)
12670021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan metode 4-D (four D) yang dibatasi hingga tahap development. Penelitian ini bertujuan mengkaji karakteristik produk modul kimia berbasis hands-minds on activity yang melibatkan peserta didik dalam menggali informasi dan bertanya, beraktifitas, mengumpulkan, mnganalisis, serta membuat kesimpulan sendiri pada materi pokok perhitungan pH untuk kelas XI SMA/MA. Selain itu tujuan lain penelitian untuk mengkaji kualitas produk oleh ekspertis yang kemudian di respon oleh pengguna. Pengembangan produk divalidasi oleh dosen ahli materi, ahli media, dan peer review yaitu dengan diperoleh masukan sebagai acuan revisi produk awal. Setelah dilakukan revisi dilakukan penilaian produk kepada tiga orang ekspertis di bidang pendidikan yaitu tiga guru kimia yang memahami karakteristik modul dengan mengisi instrumen skala Likert (yang terdiri dari lima skala yaitu Sangat Baik, Baik, Cukup, Sangat Kurang). Data yang diperoleh berupa data kualitatif, untuk mengetahui apakah karakteristik telah sesuai dengan Hands-Minds On Activity selanjutnya data tersebut dikonversikan sesuai aturan Likert’s Summated Ratings (LSR) sehingga diperoleh data kuantitatif yang dapat dihitung untuk memperoleh persentase keidealannya. Tujuan kedua dicapai setelah mendapat respon dari 10 orang pengguna yang merupakan peserta didik kelas XI dengan mengisi angket daftar check list (instrumen Guttman). Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang kemudian dikonversikan kedalam data kuantitatif dengan nilai Ya=1 sedangkan Tidak=0. Setelah diubah kedalam data kuantitatif maka dapat dihitung persentase keidealannya. Akhir pengembangan produk dalam penelitian ini yaitu; Karakteristik produk modul kimia yang dikembangkan memuat penjelasan materi dan latihan soal yang medorong peserta didik untuk menggali informasi dan bertanya (berbasis Hands-Minds On Activity); memuat percobaan yang dilengkapi dengan soal evaluasi untuk menulis suatu laporan data, membuat grafik, menghitung, dan mempraktikan secara nyata pengetahuan yang diperoleh peserta didik yang telah disesuaikan dengan indikator pembelajaran. Kualitas modul kimia berbasis Hands-Minds On Activity adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 81%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Khamidinal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, perhitungan pH, Hands-Minds On Activity
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:07
Last Modified: 24 Jul 2017 02:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26754

Actions (login required)

View Item View Item