PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERMUATAN KARAKTER PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GASAL

SRI WAHYUNI SETIYANINGSIH, NIM. 12670046 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERMUATAN KARAKTER PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GASAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERMUATAN KARAKTER PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GASAL)
12670046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIK BERMUATAN KARAKTER PADA MATERI POKOK KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER GASAL)
12670046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Badan Standar Nasional Pendidikan (2010:30) mengungkapkan bahwa guru merupakan salah satu bagian sentral dalam keberhasilan pendidikan abad-21, sehingga guru dituntut untuk memiliki kemampuan yang didukung dengan referensi yang baik terkait pembelajaran dalam kelas. Pembelajaran didesain untuk menjadikan peserta didik memiliki kemampuan yang memadai bukan hanya dalam bidang akademis melainkan juga dalam hal karakter. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan sebuah buku panduan pendidik yang dapat digunakan guru sebagai bahan dalam mendesain sebuah pembelajaran bermuatan karakter. Karakter pokok yang dikembangkan dalam pembuatan buku ini adalah religius, peduli lingkungan dan peduli sosial dengan materi pokok kesetimbangan kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji karakteristik serta kualitas dari produk yang dikembangkan. Penelitian dilakukan dengan metode 4D (Define, Design, Development, Desseminate) yang dibatasi sampai pada tahap Development. Pengkajian karakteristik produk dilakukan dengan pemberian kolom penilaian kebenaran materi dan penulisan dalam setiap instrumen yang diberikan pada dosen ahli dan guru kimia. Pengkajian kualitas produk dilakukan dengan menggunakan skala penilaian kualitas produk buku panduan pendidik oleh dosen ahli (materi, media, dan pembelajaran) dan guru kimia. Penilaian meliputi sepuluh aspek yang kemudian diperoleh data kualitatif yang kemudian dianalisis untuk menentukan kualitas produk yang meliputi kelayakan materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Karakteristik buku panduan pendidik bermuatan karakter berupa buku cetak yang di dalamnya memuat penjelasan terkait karakter, komponen pembelajaran yang meliputi kompetensi, indikator pembelajaran, materi pembelajaran kesetimbangan kimia, desain kegiatan pembelajaran serta penilaian hasil belajar. berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa buku panduan pendidik yang dikembangkan memiliki kualitas Sangat Baik (SB) berdasarkan penilaian dari tiga dosen ahli dengan persentase keidealan 86,6% dari ahli materi, 86% dari ahli pembelajaran, dan 97,5% dari ahli media. Penilaian yang dilakukan oleh enam orang guru kimia menunjukkan bahwa kualitas buku termasuk pada kategori Baik (B) dengan persentase keidealan 83,69%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku panduan pendidik yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan referensi bagi pendidik dalam mendesain sebuah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Shidiq Premono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Panduan Pendidik, Kesetimbangan Kimia, Karakter.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:10
Last Modified: 24 Jul 2017 02:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26755

Actions (login required)

View Item View Item