PERLINDUNGAN HUKUM PASIEN TERHADAP JASA PENGOBATAN TRADISIONAL (STUDI UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN)

ARDHI KUSUMA, NIM. 10340133 (2017) PERLINDUNGAN HUKUM PASIEN TERHADAP JASA PENGOBATAN TRADISIONAL (STUDI UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM PASIEN TERHADAP JASA PENGOBATAN TRADISIONAL (STUDI UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN))
10340133_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM PASIEN TERHADAP JASA PENGOBATAN TRADISIONAL (STUDI UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN))
10340133_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perlindungan hukum atas hak-hak konsumen di Indonesia, sebenarnya telah diatur dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Begitu juga hak-hak pasien telah diatur dalam Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Pasien seringkali menjadi korban yang tidak banyak tahu bahwa ia telah menjadi korban. Pasien mempunyai hak-hak yang diatur dalam perundang-undangan Indonesia antara lain hak atas informasi, hak atas persetujuan, hak atas rahasia kedokteran, hak atas pendapat kedua, hak untuk melihat rekam medik. Pasien sebagai konsumen berhak atas kenyamanan dan keselamatan atas pelayanan jasa serta berhak mendapatkan kompensasi atau ganti kerugian apabila jasa yang digunakan tidak sesuai sebagaimana mestinya. Hubungan pasien selaku konsumen tidak selalu harmonis dengan pelaku kesehatan selaku pemberi jasa. Perlu diketahui seringkali pasien tidak tahu tentang upaya hukum yang harus ditempuh apabila terjadi pelanggaran hukum oleh pihak penyedia jasa kesehatan dalam hal ini adalah jasa pengobatan tradisional. Oleh karena itu penyusun tertarik untuk meneliti bagaimana perlindungan hukum terhadap pasien dalam pelayanan jasa pengobatan tradisional ditinjau dari undangundang kesehatan serta kendala-kendala yang terjadi terhadap perlindungan pasien pengobatan tradisional. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris, yang diteliti pada awalnya adalah data sekunder kemudian dilanjutkan dengan penelitian terhadap data primer di lapangan atau terhadap masyarakat. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif-analisis. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif, yaitu metode analisis yang pada dasarnya mempergunakan pemikiran logis, analisis dengan logika, dengan induksi, analogi / interpretasi, komparasi dan sejenisnya. Metode berfikir yang dipergunakan adalah metode induktif, yaitu dari data / fakta menuju ke tingkat abstraksi yang lebih tinggi, termasuk juga melakukan sintesis dan mengembangkan teori (bila diperlukan dan datanya menunjang). Dari analisis tersebut kemudian akan ditarik kesimpulan sebagai jawaban atas permasalahan yang ada. Perlindungan pasien dilihat dari wewenangan pemerintah dalam perlindungan hukum pelayanan kesehatan tradisional dapat dilihat berdasarkan Undang-Undang No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan yaitu melakukan pembinaan, pengawasan pelayanan kesehatan tradisional. Bentuk perlindung hukum selanjutnya di lihat dari tanggung jawab pelayanan kesehatan, penyehat tradisional dan tenaga kesehatan tradisional harus memenuhi hak-hak para pasien sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Kendala yang sering dialami Pemerintah, pelaku pengobatan tradisional yang sudah ditutup atau tidak memiliki ijin sering berpindah pindah tempat sehingga menyulitkan pemerintah dalam mengawasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. ISWANTORO, S.H., MH. 2. Dr. SRI WAHYUNI, S.Ag., M.Ag., M.HUM
Uncontrolled Keywords: Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:22
Last Modified: 24 Jul 2017 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26762

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum