STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RIZKI NUR TRI RAHAYU, NIM. 13410152 (2017) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
13410152_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PADA SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017)
13410152_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah saat ini masih banyak dijumpai anak yang masuk ke jenjang sekolah menengah pertama masih belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini menjadi suatu keprihatinan bahwa seusia mereka yang tengah menginjak masa remaja, di mana membaca Al-Qur’an yang merupakan kitab suci umat Islam ini dirasa kurang begitu diperhatikan sejak mereka kecil. Secara teoritik, bisa dikatakan bahwa siswa lulusan MI mempunyai kemampuan membaca Al-Qur’an yang lebih baik bila dibandingkan dengan siswa lulusan SD karena alokasi waktu pelajaran Agama Islam yang lebih banyak. Akan tetapi, di MTs Negeri 1 Yogyakarta terdapat banyak siswa lulusan SD yang memiliki kemampuan yang baik dalam membaca Al-Qur’an. Begitu pun sebaliknya, banyak juga siswa lulusan MI yang belum baik dalam membaca Al- Qur’an. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor dan tidak selalu menjamin bahwa siswa lulusan MI memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an yang lebih baik dibandingkan siswa lulus SD. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseacrh) dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang datanya dideskripsikan dalam bentuk angka-angka dan dihasilkan melalui perhitungan dengan rumus statistik. Penulis menggunakan jenis penelitian ini dikarenakan ingin membandingkan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa lulusan MI dengan siswa lulusan SD di kelas VII MTs Negeri 1 Yogyakarta. Hasil penelitian dengan menggunakan Independent-Samples T Test menunjukkan bahwa nilai p (p-value) atau sig. (2-tailed) sebesar 0,010 yang berarti lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak. Hasil t observasi (to) sebesar 2,692 yang dikonsultasikan dengan t tabel (tt) 5% sebesar 2,011 dan t tabel (tt) 1% sebesar 2,682 menunjukkan bahwa to lebih besar dari pada tt baik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1%, maka dalam penelitian ini Ho ditolak. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan MI memiliki rata-rata nilai tes sebesar 83,92 dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD memiliki rata-rata nilai tes sebesar 76,48. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an yang signifikan antara siswa lulusan MI dengan siswa lulusan SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Latar Belakang Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Jul 2017 10:24
Last Modified: 24 Jul 2017 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26779

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum