PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA JASA PARKIR MENURUT PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 18 TAHUN 2009 TENTANG PENYELENGGARAAN PERPARKIRAN

ROBITHA ZULLY DWI PAMUNGKAS, NIM. 12340116 (2017) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA JASA PARKIR MENURUT PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 18 TAHUN 2009 TENTANG PENYELENGGARAAN PERPARKIRAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA JASA PARKIR MENURUT PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 18 TAHUN 2009 TENTANG PENYELENGGARAAN PERPARKIRAN)
12340116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PENGGUNA JASA PARKIR MENURUT PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 18 TAHUN 2009 TENTANG PENYELENGGARAAN PERPARKIRAN)
12340116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Perlindungan hukum bagi pengguna jasa parkir menurut Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 18 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Parkir Di Kota Yogyakarta. Kebutuhan akan ruang parkir sangat penting bagi masyarakat. Dengan menimbang bertambahnya jumlah kendaraan sejalan dengan semakin meningkatnya kemampuan perekonomian masyarakat dan dalam rangka menciptakan ketertiban lalu lintas, keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dibidang perparkiran. Rumusan masalah ialah mengenai bagaimana perlindungan hukum bagi pengguna jasa parkir di Kota Yogyakarta dikaitkan dengan perlindungan hukum konsumen dan apa kendala yang dihadapi dalam perlindungan hukum bagi pengguna jasa parkir di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang secara langsung dilakukan ke objek penelitian untuk mendapatkan data yang relevan berkaitan dengan perlindungan hukum. Penelitian ini juga dilengkapi dengan penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian menggunakan data kepustakaan untuk mencari data dengan membaca dan menelaah sumber tertulis yang menjadi bahan dalam penyusunan dan pembahasan. Sifat penelitian ini bersifat deskriptif analitik, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendiskripsikan suatu data yang terkumpul untuk kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian, penyusun dapat mengambil kesimpulan bahwa pelaksanaan perlindungan hukum bagi pengguna jasa parkir tepi jalan umum oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta memberikan perlindungan hukum bagi pengguna jasa parkir dengan cara memenuhi hak-hak konsumen seperti dengan memenuhi hak konsumen dalam menyampaikan keluhan serta masukan dan pendapat. Keluhan pengguna jasa parkir kebanyakan tentang tarif parkir yang tidak sesuai dengan tarif parkir resmi. Diperlukan solusi untuk mengatasi pelanggaran mengenai tarif parkir di atas tarif resmi. Pemerintah Kota Yogyakarta dapat melakukan revisi terhadap peraturan daerah terkait penetapan tarif retribusi parkir, supaya tercipta kepastian tarif parkir sesuai dengan peraturan yang ada dan melakukan penindakan secara tegas terhadap pelanggaran yang terjadi. Namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa kendala dalam memberikan perlindungan hukum bagi pengguna jasa parkir adalah masih rendahnya kesadaran konsumen tentang perlindungan hukum, dimana konsumen tidak meminta karcis parkir saat memarkirkan kendaraannya, tidak melaporkan apabila menemukan pelanggaran, memilih tempat parkir yang lebih strategis tidak mempedulikan tempat parkir resmi atau tidak resmi. Masih rendahnya kesadaran juru parkir dalam memahami peraturan, sehingga ada pelanggaran yang dilakukan juru parkir dan kurangnya jumlah pegawai Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta untuk melakukan pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. ISWANTORO, S.H., M.H. 2. UDIYO BASUKI, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum, konsumen, parkir
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Jul 2017 11:13
Last Modified: 24 Jul 2017 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26786

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum