PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK USIA DINI DI KELAS A1 RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

MA’FIYATUN INSIYAH, NIM. 13430005 (2017) PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK USIA DINI DI KELAS A1 RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK USIA DINI DI KELAS A1 RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13430005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK USIA DINI DI KELAS A1 RA DWP UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
13430005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

MA’FIYATUN INSIYAH (13430005) Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini Di Kelas A1 RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Skripsi.Yogyakarta :Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pola asuh orang tua dalam pembentukan kepribadian anak di RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan melihat faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian anak. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari tiga subjek utama yaitu Arman, Bona dan Faisal, serta informan yaitu : orang tua subjek, guru sekolah subjek, dan pengasuh subjek. Dalam mengukur pembentukan kepribadian anak, terdapat empat dimensi pola asuh di antaranya yaitu, demokratis, permisif, otoriter, dan penelantar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi teknik dan triagulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua Arman dan Bona adalah pola asuh autoritatif. Tetapi karena peran orang tua masing-masing Subjek berbeda, menjadikan kepribadian yang berbeda pula untuk keduanya. Arman memiliki kepribadian tipe kolerik dengan ciri-ciri: memiliki semangat belajar yang tinggi, cenderung tidak bisa diam, mampu mengerjakan segala macam hal, dengan peran orang tua sebagai berikut : sebagai penasehat moral, pengatur, pemimpin dan penghibur. Bona memiliki kepribadian tipe sanguin dengan ciri-ciri: baik hati, cerdas dan termasuk anak yang aktif, sedangkan peran orang tua sebagai berikut : pengamat, pemimpin dan penghibur. Sedangkan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua Faisal adalah pola asuh penelantar, dengan peran pola asuh sebagai penolong. Menjadikan anak memiliki kepribadian pregmatik dengan ciri-ciri: tenang, pendiam, pemalu dan sabar (gejolak emosi tidak tampak). Dalam pembentukan kepribadian anak juga terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi menurut hasil penelitian faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian adalah faktor keluarga, faktor masyarakat, faktor sekolah dan faktor agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua dan Kepribadian
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2017 01:57
Last Modified: 27 Jul 2017 01:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26791

Actions (login required)

View Item View Item