PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP KELAS VIII MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

YUYUN SURIA PRIANGGA, NIM. 10600022 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP KELAS VIII MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP KELAS VIII MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL)
10600022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP KELAS VIII MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL)
10600022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (research and development). Prosedur pengembangan penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu (1) Analisis, menganalisis permasalahan pembelajaran guru dan siswa (2) Desain, mendesain rancangan pembelajaran, mendesain materi dan media yang akan digunakan; (3) Development, membuat media pembelajaran, melakukan validasi dan penilaian terhadap media pembelajaran, mengembangkan media pembelajaran; (4) Implementasi, menerapkan media pembelajaran yang telah dibuat (5) Evaluasi, mengevaluasi media pembelajaran yang telah dibuat, menyatakan kelayakan penggunaan media pembelajaran. Instrumen yang digunakan meliputi angket untuk ahli materi, ahli media, penilaian siswa terhadap media pembelajaran, dan lembar post-test. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan teknik persentase kelayakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Media pembelajaran berhasil dikembangkan menggunakan model ADDIE. (2) Penilaian kualitas media pembelajaran oleh ahli media mendapatkan skor 67 dari skor maksimal 72 mendapatkan kategori sangat baik, penilaian kualitas media pembelajaran oleh ahli materi mendapatkan skor 76,3 dari skor maksimal 88 mendapatkan kategori sangat baik, penilaian kualitas siswa terhadap media pembelajaran mendapatkan skor 50,6 dari skor maksimal 60 mendapatkan kategori sangat baik. Penilaian post-test siswa mendapatkan nilai rata-rata 75,7 kategori baik. Jadi dapat disimpulkan media pembelajaran matematika berbasis android ini layak dan sangat baik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Matematika, Aplikasi calculator, Sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Jul 2017 02:50
Last Modified: 25 Jul 2017 02:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26798

Actions (login required)

View Item View Item