ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA KUBUS DAN BALOK

LATIFAH IRMAYANTI, NIM. 11600007 (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA KUBUS DAN BALOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA KUBUS DAN BALOK)
11600007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII PADA KUBUS DAN BALOK)
11600007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi bangun ruang kubus dan balok. Jenis kesulitan yang akan dideskripsikan berkaitan dengan kesulitan siswa dalam memahami dan menggunakan konsep dan prinsip bangun ruang kubus dan balok serta kesulitan memecahkan masalah verbal bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif-kualitatif. Desain penelitian kualitatif ini mengacu pada Moleong (2007) yang meliputi: 1) tahap pra lapangan berupa menyusun rancangan penelitian, memilih lapangan, mengurus perizinan dan menyusun instrumen penelitian; 2) tahap penelitian pemberian tes diagnostik dan wawancara; 3) tahap analisis data, yaitu mengolah data yang didapat dari lapangan sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Yogyakarta pada tahun pelajaran 2015/ 2016 pada kelas VIII B. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah peneliti sebagai instrumen utama yang dibantu dengan tes diagnostik dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitik. Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis-jenis kesulitan siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Yogyakarta pada bangun ruang kubus dan balok adalah sebagai berikut: 1) mengalami kesulitan penggunaan konsep bangun ruang kubus dan balok sebanyak 76%; 2) mengalami kesulitan penggunaan prinsip bangun ruang kubus dan balok sebanyak 94%; 3) mengalami kesulitan memecahkan masalah verbal bangun ruang kubus dan balok sebanyak 97%; 4) tidak mengalami kesulitan sebanyak 0,03%. Jenis kesulitan tersebut dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menyelesaikan permasalahan kesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesulitan Belajar, Bangun Ruang Kubus dan Balok.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Jul 2017 02:54
Last Modified: 25 Jul 2017 02:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26799

Actions (login required)

View Item View Item