PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING

ALFI NUR HAZIZAH, NIM. 12600035 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING)
12600035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP MELALUI PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING)
12600035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Metaphorical Thinking dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Selain itu, untuk mengetahui ada atau tidak adanya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis (KAM) terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Varibel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi dan disposisi matematis. Variabel bebasnya adalah pendekatan Metaphorical Thinking. Variabel moderatornya adalah kemampuan awal matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswasiswa kelas VII SMP N 1 Tempel, dengan sampel siswa-siswa kelas VII B dan VII C. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematis dan skala disposisi matematis. Data dianalisis menggunakan anova dua jalur dan sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homgenitas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Metaphorical Thinking lebih baik dibandingkan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Sedangkan, peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Metaphorical Thinking sama dengan peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Selain itu, tidak ada interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis (KAM) terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis maupun disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendekatan Metaphorical Thinking, kemampuan literasi matematis, disposisi matematis.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Jul 2017 02:56
Last Modified: 25 Jul 2017 02:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26800

Actions (login required)

View Item View Item