PENGEMBANGAN MOBILE APPS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP

YUHAN FUTRI BASYA, NIM. 13600003 (2017) PENGEMBANGAN MOBILE APPS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MOBILE APPS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP)
13600003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MOBILE APPS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP)
13600003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan mobile apps android yang berkualitas sebagai media pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep. Mobile apps ini berisikan materi Fungsi Komposisi yang disajikan sesuai aspek pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan software SDLC model waterfall. Tahapan waterfall meliputi analysis (tahap analisis), design (tahap desain), coding (tahap pengkodean), serta testing (tahap pengujian). Kriteria ketercapaian kualitas adalah pada pengujian alpha dinyatakan valid oleh ahli serta pada pengujian beta dinyatakan praktis oleh siswa. Hasil dari penelitian ini adalah berupa mobile apps android yang digunakan sebagai media pembelajaran matematika diluar pembelajaran. Mobile apps ini telah melalui pengujian alpha oleh 3 orang ahli materi dengan persentase rata-rata 91% (Sangat Baik) dan 3 orang ahli media dengan persentase rata-rata 86% (Sangat Baik) sehingga dikatakan valid. Mobile apps ini telah melalui pengujian beta sebanyak dua kali, yaitu kepada 3 siswa kemudian diujicobakan pada satu kelas. Respon siswa pada pengujian beta memperoleh persentase 74% (Setuju) sehingga dikatakan praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mobile apps android telah layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aulia Faqih Rifa’i, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Mobile apps, Pendekatan Kontekstual, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jul 2017 09:59
Last Modified: 25 Jul 2017 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26803

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum