STUDI KESESUAIAN KEMASAN BOTOL KOPI MOKA MENOREH MENGGUNAKAN PENDEKATAN KANSEI ENGINEERING BERDASARKAN BOTOL REFERENSI

ERLANGGA FEBRIANTO, NIM. 12660028 (2017) STUDI KESESUAIAN KEMASAN BOTOL KOPI MOKA MENOREH MENGGUNAKAN PENDEKATAN KANSEI ENGINEERING BERDASARKAN BOTOL REFERENSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KESESUAIAN KEMASAN BOTOL KOPI MOKA MENOREH MENGGUNAKAN PENDEKATAN KANSEI ENGINEERING BERDASARKAN BOTOL REFERENSI)
12660028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (STUDI KESESUAIAN KEMASAN BOTOL KOPI MOKA MENOREH MENGGUNAKAN PENDEKATAN KANSEI ENGINEERING BERDASARKAN BOTOL REFERENSI)
12660028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Kopi merupakan salah satu jenis minuman ready to drink yang sangat digemari oleh konsumen Indonesia. Menurut Suryadi (2009) dalam Prameswari (2009), besarnya minat konsumen pada produk ini, menjadikan kopi sebagai salah satu minuman ready to drink yang memiliki total pangsa pasar lebih dari 1 triliun rupiah. Besarnya pangsa pasar kopi ready to drink tidak sebanding dengan jumlah pelaku usaha yang berkecimpung dalam bisnis minuman ini. Peluang mendapatkan pangsa pasar masih terbuka lebar bagi siapapun, salah satunya adalah pelaku usaha Kopi Moka Menoreh. Dengan didukung kemasan yang menarik, kemungkinan produk diterima oleh konsumen semakin besar. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan kemasan yang baik adalah dengan menggunakan pendekatan Kansei Engineering. Kemasan yang didesain berdasarkan pendekatan Kansei akan lebih mampu menciptakan respon kognitif positif terhadap konsumen. Munculnya respon positif tersebut tentu menguntungkan produk Kopi Moka Menoreh. Pada penelitian ini didapatkan bahwa botol kemasan yang sesuai dengan Kopi Moka Menoreh berdasarkan desain visual dan Tactile adalah botol 1 dengan bentuk cekung, bagian leher melingkar, dan bentuk badan botol yang kompleks. Berdasarkan penjumlahan pada seluruh hasil Conjoint Analysis didapatkan nilai utilitas 0.120 pada botol 1. Berdasarkan kuesioner Semantic Differential, kesamaan kesan yang dibentuk oleh botol referensi dengan botol yang digunakan sebagai objek penelitian memiliki nilai korelasi sebesar 0.999. Angka ini menunjukkan bahwa botol referensi meiliki kesamaan kesan dengan botol-botol yang digunakan sebagai objek penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Taufiq Aji , S.T, M.T.
Uncontrolled Keywords: Kansei, Kansei Engineering, Conjoint Anaysis, korelasi, dan Semantic Differential.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Jul 2017 10:04
Last Modified: 25 Jul 2017 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26809

Actions (login required)

View Item View Item