DESAIN ALAT BANTU KERJA MENGGUNAKAN METODE 5 LANGKAH BERDASARKAN ANALISIS REBA DAN RULA UNTUK MENGURANGI RESIKO LOW-BACK PAIN Studi Kasus di Sentra Pembuatan Batu Bata Potorono Banguntapan Bantul

WAHYU SIDIQ SAPUTRA, NIM. 12660033 (2017) DESAIN ALAT BANTU KERJA MENGGUNAKAN METODE 5 LANGKAH BERDASARKAN ANALISIS REBA DAN RULA UNTUK MENGURANGI RESIKO LOW-BACK PAIN Studi Kasus di Sentra Pembuatan Batu Bata Potorono Banguntapan Bantul. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DESAIN ALAT BANTU KERJA MENGGUNAKAN METODE 5 LANGKAH BERDASARKAN ANALISIS REBA DAN RULA UNTUK MENGURANGI RESIKO LOW-BACK PAIN Studi Kasus di Sentra Pembuatan Batu Bata Potorono Banguntapan Bantul)
12660033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DESAIN ALAT BANTU KERJA MENGGUNAKAN METODE 5 LANGKAH BERDASARKAN ANALISIS REBA DAN RULA UNTUK MENGURANGI RESIKO LOW-BACK PAIN Studi Kasus di Sentra Pembuatan Batu Bata Potorono Banguntapan Bantul)
12660033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Sentra Pembuatan Batu-Bata Potorono merupakan pusat pembuatan batu-bata yang cukup besar di daerah Bantul yang menghasilkan produk batu-bata yang mentah atau belum dibakar, maupun yang matang atau sudah dibakar. Pekerjaan pemindahan material secara manual pada aktifitas produksi batu-bata beresiko besar menyebabkan penyakit tulang belakang (low-back pain). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktifitas kerja material handling menggunakan pendekatan Rapid Eentire Body Assessment dan Rapid Upper Limb Assessment serta membuat desain usulan menggunakan Metode 5 Langkah Penyusunan Konsep untuk mendesain alat bantu kerja yang bisa diterapkan untuk memperbaiki postur kerja. Dasil hasil pengolahan dan analis a data diperoleh skor Rapid Eentire Body Assessment postur pertama sebesar 9, postur kedua sebesar 4, postur ketiga sebesar 8, postur keempat sebesar 5 dan nilai Rapid Upper Limb Assessment semuanya sebesar 7, yang secara garis besar skor tersebut berpotensi resiko low-back-pain sehingga harus ada perbakan postur kerja. Dilakukan perbaikan postur kerja dengan merancang desain alat bantu berupa Modifikasi Roller Conveyor agar dapat mengurangi resiko cidera lowback pain. Hasil akhir setelah dilakukan perbaikan didapatkan skor Rapid Eentire Body Assessment 1 dan skor Rapid Upper Limb Assessment sebesar 3 yang menunjukan penurunan skor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Arya Wirabhuana, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: REBA, RULA, Metode 5 langkah, Scooring Concept, Alat Bantu Kerja, Desain Produk
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Jul 2017 10:07
Last Modified: 25 Jul 2017 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26810

Actions (login required)

View Item View Item