ANALISIS PENGOPTIMALAN PERENCANAAN MAINTENANCE MESIN PRODUKSI READY MIX CONCRATE MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN (Studi Kasus pada PT. Pionir Beton Industri Yogyakarta Plant)

ARIS BUDI HARTANTO, NIM. 13660047 (2017) ANALISIS PENGOPTIMALAN PERENCANAAN MAINTENANCE MESIN PRODUKSI READY MIX CONCRATE MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN (Studi Kasus pada PT. Pionir Beton Industri Yogyakarta Plant). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGOPTIMALAN PERENCANAAN MAINTENANCE MESIN PRODUKSI READY MIX CONCRATE MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN (Studi Kasus pada PT. Pionir Beton Industri Yogyakarta Plant))
13660047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGOPTIMALAN PERENCANAAN MAINTENANCE MESIN PRODUKSI READY MIX CONCRATE MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN (Studi Kasus pada PT. Pionir Beton Industri Yogyakarta Plant))
13660047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

PT. Pionirbeton Industri Yogyakarta Plant merupakan salah satu perusahaan yang bergerak disektor produksi material dan sebagai perusahaan penyedia readymix concrate (cor) untuk beton. PT. Pionirbeton memiliki beberapa mesin dalam proses produksinya salah satu mesin yang digunakan yaitu mesin Batching Plant. Permasalahan yang sering dihadapi oleh perushaan yakni kerusakan mesin Batching Plant yang terlalu lama sehingga downtime mesin cukup besar dan biaya yang dikeluarkan tidak optimal. hal ini diakibatkan oleh sistem penjadwalan yang tidak teratur. Maka dari itu dilakukan perencanaan penjadwalan pemeliharaan menggunakan metode Markov Chain. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merencanakan sistem penjadwalan pemeliharaan mesin Batching Plant dan biaya yang paling optimal. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan hasil optimal pengeluaran biaya pemeliharaan mesin batching plant dengan menggunakan metode markov chain pada policy (usulan) pemeliharan korektif pada status 4 dan pemeliharaan pencegahan pada status 2 dan 3 dengan biaya pemeliharaan sebesar Rp. 2.648.197,70 / bulan. dengan hasil ini perusahaan menghemat pengeluaran biaya pemeliharaan sebesar 11,93 %. Pemeliharaan optimal akan didapatkan saat perusahaan melakukan penjadwalan maintenance usulan dengan jangka waktu 3,1 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Husna Ainu Syukri, M.T.
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Pemeliharaan, Biaya Pemeliharaan, Markov Chain, downtime.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Jul 2017 06:38
Last Modified: 25 Jul 2017 06:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26817

Actions (login required)

View Item View Item