UPAYA HUKUM TERHADAP WANPRESTASI YANG DILAKUKAN TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS PT. DIAN YOGYA PERDANA)

MUHAMMAD MIFTAHUL FIKRI, NIM. 13340020 (2017) UPAYA HUKUM TERHADAP WANPRESTASI YANG DILAKUKAN TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS PT. DIAN YOGYA PERDANA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA HUKUM TERHADAP WANPRESTASI YANG DILAKUKAN TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS PT. DIAN YOGYA PERDANA))
13340020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (41MB) | Preview
[img] Text (UPAYA HUKUM TERHADAP WANPRESTASI YANG DILAKUKAN TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS PT. DIAN YOGYA PERDANA))
13340020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Memperhatikan kondisi ketenagakerjaan, kiranya perlu adanya suatu perangkat perlindungan kepastian hukum bagi tenaga-tenaga kerja Indonesia, Yaitu dengan penerapan perjanjian. Dalam praktek perjanjian tenaga kerja Indonesia yang akan bekerja di Luar Negeri tidak semua berjalan sesuai dengan keinginan meskipun dalam proses perjanjian melakukan kewajibannya dengan baik namun hal tersebut tidak menjamin terpenuhinya suatu perjanjian. Salah satu faktor tidak terpenuhinya suatu perjanjian kerja karena faktor Wanprestasi berupa pelanggaran peraturan yang dilakukan tenaga kerja Indonesia terhadap mitra kerja di Luar Negeri. Sehingga PT. Dian Yogya Perdana harus menyelesaikan permasalahan yang dilakukan Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri dengan majikannya/perusahaan di luar negeri Global Partner. Permasalahannya Tenaga Kerja Indonesia melanggar suatu perjanjian yang mengatur peraturan-peraturan di Global Partner, antara lain melakukan pekerjaannya tidak dengan sungguhsungguh dan tidak masuk pada saat jam kerja selama dua hari. Hal itu mengakibatkan kerugian dalam target produksi di Global Partner. Dari uraian tersebut timbul masalah, yaitu: Bagaimana proses perjanjian yang dibuat PT. Dian Yogya Perdana dengan tenaga kerja Indonesia, Bagaimana PT. Dian Yogya Perdana menghadapi upaya hukum yang dilakukan oleh mitra luar negeri dalam wanprestasi yang dilakukan tenaga kerja Indonesia, dan Apakah mekanisme penjatuhan sanksi terhadap tenaga kerja Indonesia yang dilakukan PT. Dian Yogya Perdana sudah sesuai dengan di Indonesia. Guna menjawab permasalahan yang ada, maka penyusun melakukan penelitian lapangan (field Research) untuk memperoleh data primer yang bersumber dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari pihak perusahaan yang menyelesaikan suatu wanprestasi tersebut, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan permasalahan wanprestasi yang dilakukan, sehingga melakukan beberapa upaya hukum demi tercapainya suatu penyelesaian antara lain: Pertama, Negosiasi guna mencapai kesepakatan bersama antara majikan dan PT. Dian Yogya Perdana guna menyelesaikan permasalahan Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri. Kedua, Ganti Rugi yang sudah di tetapkan oleh pihak Global Partner dikarenakan meruginya perusahaan Global Partner dikarenakan kurangnya produksi yang dikerjakan oleh Tenaga Kerja Indonesia, serta menanggung pemulangan Tenaga Kerja Indonesia. Ketiga, Pembinaan yang dilakukan PT. Dian Yogya Perdana dengan Tenaga Kerja Indonesia yang melakukan wanprestasi guna sebagai pembelajaran agar dapat melakukan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh dan tidak terjadi dikemudian hari dan menjadi pembelajaran kepada semua pihak agar lebih berhati-hati dan bertanggung jawab atas suatu pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. BUDI RUHIATUDIN, SH, M.Hum. 2. Dr. SITI FATIMAH, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi, Perjanjian Kerja.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jul 2017 13:46
Last Modified: 25 Jul 2017 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26822

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum