PELAKSANAAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM LEMBAGA JAMINAN FIDUSIA MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 42 TAHUN 1999 TENTANG JAMINAN FIDUSIA (STUDI KASUS PT. BPRS MITRA HARMONI YOGYAKARTA)

MUHAMMAD PANDU GUNAWAN, NIM. 13340030 (2017) PELAKSANAAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM LEMBAGA JAMINAN FIDUSIA MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 42 TAHUN 1999 TENTANG JAMINAN FIDUSIA (STUDI KASUS PT. BPRS MITRA HARMONI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM LEMBAGA JAMINAN FIDUSIA MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 42 TAHUN 1999 TENTANG JAMINAN FIDUSIA (STUDI KASUS PT. BPRS MITRA HARMONI YOGYAKARTA))
13340030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM LEMBAGA JAMINAN FIDUSIA MENURUT UNDANG-UNDANG NO. 42 TAHUN 1999 TENTANG JAMINAN FIDUSIA (STUDI KASUS PT. BPRS MITRA HARMONI YOGYAKARTA))
13340030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan tingkat kesejahteraan masyarakat saat ini, dapat dibedakan menjadi 2 (dua) bagian, yaitu ada bagian beberapa masyarakat atau lembaga/badan usaha yang memiliki kelebihan dana dan di bagian lain ada banyak masyarakat baik perorangan maupun lembaga/badan usaha yang kekurangan dana. Situasi dan kondisi seperti ini yang menimbulkan saling membutuhkannya antara dua pihak tersebut.Hal tersebut yang menyebabkan PT. BPRS MITRA HARMONI YOGYAKARTA memberikan jasa pembiayaan untuk golongan masyarakat atau pengusaha mikro menengah dan kecil untuk memajukan usahanya. Dalam proses pemberian pembiayaan di perusahaan tersebut mewajibkan adanya barang jaminan sebagai agunan pelunasan pinjaman. Karena masih banyak orang yang masih awam tentang pelaksanaan dan perlindungan hukum jaminan fidusia sehingga menarik penyusun untuk membahas lebih dalam dan mengaitkan dengan Undang-Undang No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia Ada 2 (dua) rumusan masalah dalam penelitian ini, pertama apakah pelaksanaan dan perlindungan hukum di lembaga jaminan fidusia telah sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.Kedua bagiamana upaya hukum dari lembaga jaminan fidusia dalam mengatasi debitur yang wanprestasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mencari data langsung ke lapangan di PT. BPRS MITRA HARMONI YOGYAKARTA melalui cara pengumpulan data dan wawancara dengan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. BPRS MITRA HARMONI YOGYAKARTA dalam memberikan pembiayaan dengan jaminan fidusia ada yang sesuai dan tidak sesuai dengan Undang-Undang No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia karena hanya jumlah pembiayaan tertentu saja yang sesuai dengan Undang- Undang tersebut. Walaupun syarat perjanjian sudah terpenuhi dan berkekuatan hukum terhadap benda jaminan tersebut akan tetapi tetap bertentangan dengan Undang-Undang yang berlaku. Upaya hukum yang dilakukan perusahaan telah memperlihatkan kinerja baik dalam memberikan pembiayaan dan perlindungan hukum. Sehingga tidak pernah terjadi proses eksekusi dan penarikan benda jaminan karena perusahaan selalu mengedepankan cara kekeluargaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. FAISAL LUQMAN HAKIM S.H., M.Hum 2. Dr. H. RIYANTA M.Hum
Uncontrolled Keywords: field research
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jul 2017 13:49
Last Modified: 25 Jul 2017 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26826

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum