PERLINDUNGAN HUKUM PEMAIN SEPAKBOLA TERHADAP PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA OLEH PT.PSIM YOGYAKARTA AKIBAT DIBERHENTIKANNYA LIGA INDONESIA TAHUN 2015

REXEN SUPRIYONO, NIM. 13340035 (2017) PERLINDUNGAN HUKUM PEMAIN SEPAKBOLA TERHADAP PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA OLEH PT.PSIM YOGYAKARTA AKIBAT DIBERHENTIKANNYA LIGA INDONESIA TAHUN 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM PEMAIN SEPAKBOLA TERHADAP PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA OLEH PT.PSIM YOGYAKARTA AKIBAT DIBERHENTIKANNYA LIGA INDONESIA TAHUN 2015)
13340035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM PEMAIN SEPAKBOLA TERHADAP PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA OLEH PT.PSIM YOGYAKARTA AKIBAT DIBERHENTIKANNYA LIGA INDONESIA TAHUN 2015)
13340035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dunia industri beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang sangat pesat sepanjang sejarahnya dikenal masyarakat. Perkembanganperkembangan industri tersebut tidak lagi terbatas pada industri jasa, manufaktur dan perbankan yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Salah satu bentuk perkembangan dalam dunia industri yaitu sepakbola. Dalam industri sepakbola tiap klub mengadakan perjanjian kerja dengan pemainnya, dimana perjanjian kerja tersebut memuat syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban para pihak. Pada musim kompetisi tahun 2015 PSIM Yogyakarta melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap para pemainnya karena diberhentiikannya liga Indonesia dengan alasan force majeure, disini liga yang seharusnya berjalan penuh selama satu musim tiba-tiba dihentikan di pekan awal oleh PSSI dikarenakan tidak keluarmya ijin semua pertandingan dan berakibat banyak pemain yang diputus kontraknya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah PSIM sudah memberikan perlindungan hukum bagi hak pemain dalam perjanjian kerja tersebut dan bagaimana perlindungan hukum pemain terhadap pemutusan hubungan kerja oleh PSIM akibat diberhentikannya liga. Guna dalam menjawab permasalahan yang ada, penyusun melakukan penelitian lapangan (Field Research) untuk memperoleh data-data primer dari pihak manajemen dan pemain PSIM yang bersumber dari wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari pihak manajemen dan pemain, yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pihak manajemen PSIM sudah memberikan perlindungan hukum bagi para pemainnya sesuai dengan hak-hak pekerja dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Bentuk perlindungan hukum yang diberikan manajemen PSIM yaitu perlindungan hukum represif dan perlindungan hukum preventif. Bentuk pertanggungjawaban berupa bantuan uang pesangon "Tali Asih" kepada tiap pemainnya yang terkena pemutusan hubungan kerja akibat diberhentikannya liga Indonesia tahun 2015 merupakan perlindungan hukum represif. Sedangkan bentuk perlindungan hukum preventif yang diberikan manajemen PSIM kepada para pemainnya dengan tetap mengedepankan musyawarah dalam hal mengambil keputusan pemutusan hubungan kerja ini. Dalam hal ini manajemen PSIM mengedepankan asas-asas perjanjian yang berdasar pada asas itikad baik dimana manajemen PSIM mengedapankan musyawarah dan tidak lepas tanggungjawab terhadap nasib pemainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. H. RIYANTA, M.Hum 2. FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Field Research
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jul 2017 13:53
Last Modified: 25 Jul 2017 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26829

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum