PENGGUNAAN HAK PRIORITAS UNTUK MENDAPATKAN HAK GUNA BANGUNAN DALAM SISTEM KEPEMILIKAN TANAH (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI KEDIRI NOMOR 8 / PDT.G / 2012 / PN. KDR)

NABILA NUR RIFDAH, NIM. 13340067 (2017) PENGGUNAAN HAK PRIORITAS UNTUK MENDAPATKAN HAK GUNA BANGUNAN DALAM SISTEM KEPEMILIKAN TANAH (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI KEDIRI NOMOR 8 / PDT.G / 2012 / PN. KDR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN HAK PRIORITAS UNTUK MENDAPATKAN HAK GUNA BANGUNAN DALAM SISTEM KEPEMILIKAN TANAH (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI KEDIRI NOMOR 8 / PDT.G / 2012 / PN. KDR))
13340067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN HAK PRIORITAS UNTUK MENDAPATKAN HAK GUNA BANGUNAN DALAM SISTEM KEPEMILIKAN TANAH (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI KEDIRI NOMOR 8 / PDT.G / 2012 / PN. KDR))
13340067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tanah merupakan faktor pendukung utama dalam terselenggaranya kehidupan dan kesejahteraan seseorang. Kebutuhan tanah tidak hanya terbatas untuk kebutuhan tempat tinggal, tetapi juga tempat tumbuh kembangnya seseorang di dalam lingkungan sosial, politik, ekonomi dan budaya bagi seseorang dan komunitas masyarakatnya. Tanah merupakan hal yang cukup sensitive untuk dibahas, maka dari itu tidak dapat dipungkiri banyaknya permasalahan yang terjadi tentang tanah. Banyak terjadi sengketa tenang pertanahan, sengketa tersebut terjadi antara perseorangan, orang dengan badan hukum, maupun orang dengan Negara. Perebutan hak atas tanah merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi dalam masyarakat. Dalam perebutan hak atas tanah dimana tanah tersebut adalah tanah milik Negara, maka pemberian wewenang hak harus diserahkan pada Negara. Dalam pemberian hak yang berawal dari sengketa maka harus disertai dengan putusan hakim agar pemberian hak tersebut memiliki kekuatan hukum. dalam memberikan dalam memutuskan perkara hakim menggunakan hak prioritas untuk menentukan diberikan pada siapa hak atas tanah tersebut. Penelitian ini merupakan library research atau penelitian kepustakaan yaitu penelitian dengan menggunakan data yang diperoleh dari literatur-literatur berbentuk buku, majalah, artikel ataupun dengan bahan-bahan yang lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Penelitian kepustakaan ini meliputi analisis dari putusan yang menjadi objek penelitian kemudian di analisa, dilihat dan dikaji dengan Undang-Undang, buku-buku, ataupun literatur yang lain yang berkaitan dengan objek penelitian. Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analitik yaitu penelitian yang mendeskripsikan dan menganalisa objek yang akan di teliti, dimana objek tersebut adalah putusan pengadilan Kota Kediri. Setelah dilakukan analisa, pemberian hak atas tanah yang dilakukan oleh negara melalui Putusan Pengadilan Negeri Kediri sudah memberikan keputusan yang baik bagi kedua belah pihak, sudah memberikan keadilan bagi kedua belah pihak. Pertimbangan-pertimbangan hukum dalam putusan ini telah melihat dari berbagai sisi sehingga yang menjadi di putusan adalah perimbangan yang adil bagi kedua belah pihak. Dalam hal ini hakim memutuskan memberikan hak prioritas kepada Penggugat, dimana penggugat adalah orang yang menempati dan mempunyai kepentingan hukum tanah yang dimohonkan hak guna bangunannya. Hak prioritas diberikan dengan menimbang bagi kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. H. RIYANTA, M.Hum. 2. ISWANTORO, S.H, M.H.
Uncontrolled Keywords: Hak Guna Bangunan, Hak Prioritas.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jul 2017 14:16
Last Modified: 25 Jul 2017 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26839

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum