PENERAPAN METODE MENYANYI DALAM PEMBELAJARAN IMTAQ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS B1 DI PLAYGROUP-TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (PG-TK IT) SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA

NUR’AINI IPMAWATI, NIM. 13430017 (2017) PENERAPAN METODE MENYANYI DALAM PEMBELAJARAN IMTAQ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS B1 DI PLAYGROUP-TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (PG-TK IT) SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE MENYANYI DALAM PEMBELAJARAN IMTAQ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS B1 DI PLAYGROUP-TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (PG-TK IT) SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA)
13430017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE MENYANYI DALAM PEMBELAJARAN IMTAQ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS B1 DI PLAYGROUP-TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (PG-TK IT) SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA)
13430017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Nur’aini Ipmawati. Penerapan Metode Menyanyi Dalam Pembelajaran IMTAQ Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas B1 Di Playgroup-Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (PG-TKIT) Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 2017. Pembelajaran IMTAQ dengan metode menyanyi merupakan suatu cara yang dilakukan oleh guru atau pendidik dalam menyajikan materi pelajaran yang berkaitan dengan nilai-nilai agama atau spiritual, dengan cara melantunkan kata atau kalimat yang dinyanyikan. Hal tersebut bertujuan agar mempermudah peserta didik dalam menguasai atau memahami materi pelajaran. Dengan menerapkan metode menyanyi dalam pembelajaran IMTAQ diharapkan mampu mencapai hasil pembelajaran dan sebagai media hiburan anak dalam kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar anak. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas B1, guru penanggung jawab IMTAQ dan siswa kelas B1. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini tidak lain untuk mengkaji lebih mendalam apakah penggunaan metode menyanyi dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IMTAQ di kelas B1 TKIT Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran tentang penerapan metode menyanyi dalam pembelajaran IMTAQ, mengetahui keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran IMTAQ, dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan metode menyanyi dalam pembelajaran IMTAQ. Sehingga diharapkan nantinya dapat menambah khasanah keilmuan dan juga dapat diterapkan dalam pembelajaran IMTAQ agar proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode menyanyi sebagai media penyampaian pesan yang efektif dan menyenangkan bagi anak. Penerapan metode menyanyi dalam pembelajaran IMTAQ dilakukan dengan cara menyanyi aktif dan menyanyi pasif. (2) Metode menyanyi telah berhasil meningkatkan keaktifan belajar anak, keaktifan anak dalam pembelajaran IMTAQ dapat dilihat dari aktifitas fisik, intelektual, dan emosional anak serta adanya partisipasi anak dalam memberikan respon yang baik terhadap kegiatan pembelajaran IMTAQ. (3) Faktor pendukung dalam menerapkan metode menyanyi yaitu adanya penguasaan guru terhadap materi lagu IMTAQ, media, minat dan situasi kondisi. Sedangkan faktor penghambatnya terletak pada ketidaksiapan guru terhadap kegiatan pembelajaran IMTAQ dan adanya anak yang kurang tertib.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: metode menyanyi dan keaktifan siswa
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2017 02:18
Last Modified: 27 Jul 2017 02:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26841

Actions (login required)

View Item View Item