ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO. 264 K/PDT. SUS-HKI/2015 (STUDI ATAS SENGKETA MEREK IKEA ANTARA INTE R IKEA SYSTEM B.V SWEDIA DENGAN PT. RATANIA KHATULISTIWA)

HARI NUGRAHENI, NIM. 13340083 (2017) ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO. 264 K/PDT. SUS-HKI/2015 (STUDI ATAS SENGKETA MEREK IKEA ANTARA INTE R IKEA SYSTEM B.V SWEDIA DENGAN PT. RATANIA KHATULISTIWA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO. 264 K/PDT. SUS-HKI/2015 (STUDI ATAS SENGKETA MEREK IKEA ANTARA INTE R IKEA SYSTEM B.V SWEDIA DENGAN PT. RATANIA KHATULISTIWA))
13340083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NO. 264 K/PDT. SUS-HKI/2015 (STUDI ATAS SENGKETA MEREK IKEA ANTARA INTE R IKEA SYSTEM B.V SWEDIA DENGAN PT. RATANIA KHATULISTIWA))
13340083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan tanda sebagai pembeda antara produk yang dihasilkan oleh seseorang dengan produk pihak lain lazim disebut merek. Peranan merek sangat penting terutama dalam persaingan usaha yang sehat oleh karena itu perlindungan terhadap merek mutlak diperlukan. Merek dilindungi apabila didaftarkan di Direktorat Jenderal HKI namun perlindungan hukum terhadap merek terdaftar bukan merupakan jaminan. Adakalanya apabila terdapat cukup alasan pendaftaran merek dapat dihapus atau dibatalkan. Salah satu kasus penghapusan merek dari Daftar Umum Merek adalah sengketa merek IKEA yang diputus oleh Mahkamah Agung dengan Putusan No.264K/Pdt.Sus-HKI/2015. Gugatan penghapusan merek IKEA milik Inter IKEA System B.V dilakukan oleh perusahaan lokal PT. Ratania Khatulistiwa. Alasannya bahwa merek IKEA untuk kelas barang 20 dan 21 tidak digunakan selama 3 tahun berturut-turut dalam perdagangan barang atau jasa sejak tanggal pendaftarannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kriteria itikad tidak baik dalam sengketa merek IKEA menurut UU No.15 Tahun 2001 tentang Merek dan menganalisa pertimbangan majelis hakim dalam menerapkan ketentuan Pasal 61 Ayat (2) huruf a UU No.15 Tahun 2001 tentang Merek berkaitan dengan penghapusan merek IKEA. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) mengacu pada data atau bahan tertulis yang berkaitan dengan topik pembahasan yang diangkat dan merupakan penelitian menggunakan literatur perundangundangan sebagai sumber datanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara yuridis normatif berdasarkan bahan hukum utama dengan cara menelaah konsep, asas-asas hukum serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini. Dalam menganalisis, peneliti menggunakan metode analisis kualitatif dimana data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teori- teori dan didasarkan pada fakta atau kenyataan yang sifatnya umum, kemudian ditarik kesimpulan yang sifatnya khusus untuk mendapatkan kejelasan permasalahan yang dibahas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa itikad tidak baik dari PT. Ratania Khatulistiwa terlihat dari peniruan merek IKEA yang memiliki persamaan pada pokoknya terhadap merek IKEA milik Inter IKEA System B.V yang telah terdaftar lebih dulu, dimana dalam UU No.15 Tahun 2001 tentang Merek menyebutkan bahwa peniruan merek adalah untuk membonceng ketenaran merek lain. Selanjutnya majelis hakim dalam pertimbangannya telah salah dalam menerapkan hukum, karena berdasarkan bukti-bukti yang ada, merek IKEA masih digunakan sejak tanggal pendaftarannya sampai dengan adanya gugatan. Hasil market survey lembaga Berlian Group Indonesia (BGI) tidak dapat dijadikan pertimbangan hukum karena berdasarkan fakta-fakta yang ada, merek IKEA masih digunakan dalam kegiatan perdagangan. Sehingga sengketa penghapusan merek IKEA adalah tidak sesuai dengan unsur-unsur dalam Pasal 61 Ayat (2) huruf a UU No.15 Tahun 2001 tentang Merek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Hj. SITI FATIMAH, M.Hum 2. Dr. H. RIYANTA, M.Hum
Uncontrolled Keywords: library research
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jul 2017 14:32
Last Modified: 25 Jul 2017 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26844

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum