PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA MENYEWA TANAH KAS DESA ANTARA PEMERINTAH DESA BANYURADEN GAMPING SLEMAN DENGAN PT. SARI REJEKI AGUNG

NADA FELICIA RAHMAN, NIM. 13340086 (2017) PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA MENYEWA TANAH KAS DESA ANTARA PEMERINTAH DESA BANYURADEN GAMPING SLEMAN DENGAN PT. SARI REJEKI AGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA MENYEWA TANAH KAS DESA ANTARA PEMERINTAH DESA BANYURADEN GAMPING SLEMAN DENGAN PT. SARI REJEKI AGUNG)
13340086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA MENYEWA TANAH KAS DESA ANTARA PEMERINTAH DESA BANYURADEN GAMPING SLEMAN DENGAN PT. SARI REJEKI AGUNG)
13340086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tanah merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Dalam pemanfataan ruang, proses yang harus dilaksanakan adalah penggunaan dan pengelolaan tanah. Salah satunya melalui Otonomi Daerah yang memberikan Pemerintah Desa kesempatan untuk mengatur jalannya pemerintahannya sendiri dan mengelola kekayaan yang dimiliki didesanya.. Untuk mengoptimalkan pendapatan desa guna peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Desa melakukan pemanfaatan sewa menyewa tanah kas desa. Dalam pelaksanaanya, meskipun telah terwadahi dalam perjanjian yang sempurna, kerapkali terjadi penyimpangan dari perjanjian. Dimana dikemudian hari terdapat salah satu pihak yang tidak melaksanakan ketentuan yang telah disepakati dalam perjanjian atau dapat disebut dengan wanprestasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dengan mencari data secara langsung ke lapangan di Kelurahan Banyuraden Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman dan di PT. Sari Rejeki Agung melalui cara pengumpulan data dan wawancara dengan pihak yang terkait guna melihat bagaimana pelaksanaan sehingga terjadi wnaprestasi dan upaya penyelesaian wanprestasi dalam perjanjian sewa menyewa tanah kas desa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Sari Rejeki Agung telah memenuhi persyaratan dan prosedur sewa menyewa tanah kas desa. Pelaksanan perjanjian sewa menyewa tanah kas desa telah direalisasikan oleh kedua belah pihak dalam pembangunan gedung dan pembayaran sewa namun PT. Sari Rejeki Agung melakukan wanprestasi tentang harga sewa dan cara pembayaran. Upaya penyelesaian wanprestasi dilakukan melalui jalur non litigasi yaitu negosiasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. ISWANTORO, S.H., M.H 2. Dr. Hj. SITI FATIMAH, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Sewa Menyewa, Tanah Kas Desa, Wanprestas
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jul 2017 14:34
Last Modified: 25 Jul 2017 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26845

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum