PERAN KESANTUNAN BAHASA PENDIDIK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK PEDAGOGIA UNY YOGYAKARTA

NOVITA RIZKI ANGGRAINI, NIM. 13430025 (2017) PERAN KESANTUNAN BAHASA PENDIDIK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK PEDAGOGIA UNY YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KESANTUNAN BAHASA PENDIDIK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK PEDAGOGIA UNY YOGYAKARTA)
13430025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PERAN KESANTUNAN BAHASA PENDIDIK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK PEDAGOGIA UNY YOGYAKARTA)
13430025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

NOVITA RIZKI ANGGRAINI. Peran Kesantunan Bahasa Pendidik terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di TK Pedagogia UNY Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar Belakang penelitian ini adalah kesantunan berbahasa sangat penting untuk memperlancar interaksi antar individu dalam membina dan mengarahkan anak didik mencapai kesesuaian kesantunan berbahasa, namun kenyataannya masih terdapat contoh kondisi yang menunjukkan rendahnya kesantunan berbahasa yang terjadi di lingkungan sekolah dan lingkungan rumah. Peran kesantunan bahasa pendidik tentu mendorong anak didik menggunakan bahasa yang santun. Sikap dan tuturan pendidik di kelas mempunyai pengaruh terhadap sikap dan tuturan anak didik di sekolah maupun di rumah. Di TK Pedagogia UNY dalam pendidikan kesantunan berbahasa Indonesia dan bahasa Jawa (Kromo). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kesantunan bahasa, program kesantunan bahasa, dan peran kesantunan bahasa pendidik terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Pedagogia UNY Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar TK Pedagogia UNY Yogyakarta. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan pada anak didik di kelas Kresna, wawancara dengan Kepala sekolah, Pendidik, Wali murid, dan dokumentasi di TK Pedagogia UNY Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, selanjutnya ditarik kesimpulan. Kemudian untuk pemeriksaan/pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan kesantunan bahasa pendidik dan anak didik menggunakan kata penanda kesantunan bahasa dan untuk membuat aturan main maupun kesepakatan kelas Kresna sehingga menciptakan suasana yang nyaman di dalam setiap kegiatan pembelajaran. (2) Program yang dilakukan lembaga pendidikan di TK Pedagogia UNY berkaitan dengan kesantunan bahasa dalam pembelajaran adalah melakukan pembiasaan berkomunikasi dengan kata penanda kesantunan, kegiatan berbagi cerita, dan untuk menambah pengetahuan kesantunan berbahasa didukung dengan peminjaman buku di perpustakaan. (3) Kesantunan bahasa yang digunakan oleh pendidik mampu diterapkan oleh anak didik baik dengan orang yang lebih tua, teman sebaya, maupun dengan yang berusia lebih muda daripada anak didik. Perkembangan sosial emosional yang sudah dicapai anak dapat dilihat melalui indikator perkembangan sosial emosional yang telah ditetapkan. Perkembangan yang terjadi pada anak didik adalah lebih anak didik sopan, baik bertingkah laku maupun dalam berbahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Suyadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kesantunan bahasa, pendidik, perkembangan sosial emosional, anak usia dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2017 02:22
Last Modified: 27 Jul 2017 02:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26848

Actions (login required)

View Item View Item