OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN (JUZ’AMMA) PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BAGHDADI DI TK BIAS YOGYAKARTA

NININ NUR’AINI, NIM. 13430039 (2017) OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN (JUZ’AMMA) PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BAGHDADI DI TK BIAS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN (JUZ’AMMA) PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BAGHDADI DI TK BIAS YOGYAKARTA)
13430039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN (JUZ’AMMA) PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BAGHDADI DI TK BIAS YOGYAKARTA)
13430039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

NININ NUR’AINI. Optimalisasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an (Juz’amma) Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Baghdadi Di TK BIAS Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017. Penelitian ini memiliki latar belakang berdasarkan fenomena pada orangtua yang menginginkan anak-anaknya dapat menghafal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an (Juz’Amma) dan dapat mengenal bahkan membaca huruf hijaiyah secara baik dan benar pada usia dini. Dimana pada masa usia dini merupakan usia golden age atau masa keemasan bagi anak karena pada masa itu anak dapat menyerap ilmu dari orang dewasa dan mengingat segala sesuatunya dengan cepat. Tentunya para orangtua berusaha mencarikan lembaga pendidikan prasekolah yang terbaik bagi anak-anaknya, terutama dalam hal optimalisasi kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz’amma). Untuk itu diperlukan lembaga pendidikan prasekolah berwawasan Islami yang pada pembelajarannya menerapkan metode yang mendukung dalam mengoptimalisasi kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz’amma) dengan baik dan benar, yaitu dengan menggunakan metode baghdadi dalam pembelajarannya. Salah satu lembaga prasekolah di Yogyakarta yang menerapkan metode baghdadi dalam pembelajarannya adalah TK BIAS (Bina Anak Sholeh) Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode baghdadi dalam pembelajarannya di TK BIAS Yogyakarta, mengetahui hasil kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz’amma) pada anak usia dini khususnya kelas B, dan mengetahui faktor pendukung dan faktor yang menjadi kendala dalam penerapan metode baghdadi pada pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di TK BIAS Yogyakarta. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Kemudian untuk pemeriksaaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode baghdadi di TK BIAS Yogyakarta dilaksanakan pada pembelajaran dalam seminggu sebanyak 5 (lima) hari @1 jam @30 menit. Penerapan ini sudah berjalan sesuai dengan teori metode baghdadi, yakni dengan cara mengeja, menghafal, dan diberikan modul atau buku baghdadi pada setiap anak. Yang mana pada pembelajaran baghdadi dilakukan dengan cara mengeja huruf-huruf hijaiyyah kemudian dilanjutkan mempelajari harokat (tanda baca) dengan sistem klasikal maupun privat. (2) xii Hasil kemampuan menghafal Al-Qur’an yang dicapai pada anak menunjukkan bahwa sebagian besar anak didik di kelas B TK BIAS Yogyakarta sudah mencapai kemampuan menghafal Al-Qur’an khususnya hafalan Surat-surat pendek (Juz’amma) sesuai dengan target yang telah ditentukan yaitu hafal hingga Surat Al-A’laa. (3) Faktor yang mendukung optimalisasi kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz’amma) pada anak usia dini dengan metode baghdadi adalah (a) adanya pembinaan bagi ustadz/ah yang dilaksanakan secara rutin; (b) tersedianya buku baghdadi di agen-agen BIAS di setiap wilayah; (c) ustadz/ah yang memiliki sertifikat/syahadah dalam membaca Al-Qur’an; (d) jadwal yang teratur dalam pembelajaran baghdadi dan hafalan Al-Qur’an (Juz’amma); (e) tersedianya berbagai media pendukung. Sedangkan faktor yang menjadi kendala pada penerapan pembelajaran baghdadi adalah kesulitan pada anak untuk mengulang bacaan baghdadi pada saat di rumah, kenaikan anak lambat pada pembelajaran baghdadi, dan kesulitan untuk membetulkan dan menambah hafalan pada anak yang mempunyai rentang konsentrasi atau memiliki fokus yang kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Suismanto, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Baghdadi, Anak Usia Dini, TK BIAS (Bina Anak Sholeh) Yogyakarta.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Jul 2017 02:27
Last Modified: 27 Jul 2017 02:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26868

Actions (login required)

View Item View Item