WAKAF TUNAI UNTUK KEPENTINGAN KONSUMTIF (TINJAUAN NORMATIF DAN YURIDIS TERHADAP PENDAYAGUNAAN WAKAF TUNAI DI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (BMH) KEBUMEN )

HANDARIYATUL MASRUROH, NIM. 13380061 (2017) WAKAF TUNAI UNTUK KEPENTINGAN KONSUMTIF (TINJAUAN NORMATIF DAN YURIDIS TERHADAP PENDAYAGUNAAN WAKAF TUNAI DI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (BMH) KEBUMEN ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (WAKAF TUNAI UNTUK KEPENTINGAN KONSUMTIF (TINJAUAN NORMATIF DAN YURIDIS TERHADAP PENDAYAGUNAAN WAKAF TUNAI DI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (BMH) KEBUMEN ))
13380061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (25MB) | Preview
[img] Text (WAKAF TUNAI UNTUK KEPENTINGAN KONSUMTIF (TINJAUAN NORMATIF DAN YURIDIS TERHADAP PENDAYAGUNAAN WAKAF TUNAI DI BAITUL MAAL HIDAYATULLAH (BMH) KEBUMEN ))
13380061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Wakaf merupakan salah satu instrumen keuangan Islam untuk mencapai tujuan ekonomi Islam yaitu mewujudkan kehidupan yang sejahtera. Wakaf sebagai instrumen keagamaan dalam Islam yang memiliki hubungan langsung secara fungsional dengan upaya pemecahan masalah sosial dan kemanusiaan, seperti pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi umat. Setelah dikeluarkannya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tanggal 11 Mei 2002, diperbolehkannya berwakaf dalam bentuk uang tunai. Kemudian disusul kebijakan pemerintah dengan dikeluarkannya peraturan dasar perwakafan tunai di dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf dan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf. Di BMH Kebumen terdapat upaya penghimpunana dana wakaf tunai yang diperdayagunakan untuk beberapa program wakaf tunai yang terbagi menjadi tiga yakni: mushaf Al-Qur’an, mobil layanan umat dan fasilitas dakwah. Dalam hal ini dari ketiga program tersebut dana wakaf tunai dikonversi menjadi aset yang tidak produktif seperti pembelian mushaf Al-Qur’an, mobil layanan umat, dan fasilitas dakwah seperti pembangunan masjid mushala dan pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan di lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian adalah studi lapangan sebagai data primer atau data yang diperoleh langsung dari obyek penelitian dan studi pustaka (library research) sebagai data sekunder. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik Deskriptif analitik, yaitu penelitian yang didalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, menganalisa dan menginterprestasikan kondisi- kondisi yang sekarang ini terjadi atau ada. Dalam penelitian ini, penyusun akan mendeskripsikan objek penelitian yang diteliti melalui data yang terkumpul kemudian dianalisis dan membuat kesimpulan secara umum. Berdasarkan rumusan masalah yang menjadi fokus pada penelitian ini, maka dalam hasil penelitian ini ialah: pertama, berdasarkan kajian hukum normatif bahwa pemberdayaan wakaf tunai di BMH Kebumen yang telah dikonversi menjadi aset berupa mushaf Al-Qur’a<n, mobil layanan umat, dan fasilitas dakwah jika ditinjau dengan metode maslahah mursalah atas dasar kemanfaatan wakaf, pendayagunaan wakaf tunai di BMH Kebumen tidak bertentangan dengan nash dan ijma’ karena dengan adanya wakaf tunai ini terdapat manfaat yang dapat disalurkan kepada mauquf ‘alaih. Kedua, ditinjau dari segi hukum yuridis pemberdayaan wakaf tunai di BMH Kebumen belum dikelola secara produktif artinya masih dipergunakan secara konsumtif dan tidak memberikan penambahan nilai terhadap harta pokoknya. Meskipun demikian, dalam penghimpunan, pengelolaan dan pendayagunaan wakaf tunai di BMH Kebumen belum sesuai dengan peraturan hukum positif yang berlaku di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Zusiana Elly Triantini, S.H.I., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Wakaf, mushaf Al-Qur’an, nash, ijma’, mauquf ‘alaih
Subjects: Ekonomi Syariah
Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Jul 2017 04:42
Last Modified: 31 Jul 2017 07:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26875

Actions (login required)

View Item View Item