PENGARUH MODERNISASI TERHADAP PERUBAHAN PEMAKNAAN TRADISI LOKAL JAWA MENDHEM ARI-ARI (Korelasi terhadap Tradisi Lokal Jawa Mendhem Ari-ari di Perumahan Mutiara Persada Wonosobo)

TIKA YULISTIANA, NIM: 13540087 (2017) PENGARUH MODERNISASI TERHADAP PERUBAHAN PEMAKNAAN TRADISI LOKAL JAWA MENDHEM ARI-ARI (Korelasi terhadap Tradisi Lokal Jawa Mendhem Ari-ari di Perumahan Mutiara Persada Wonosobo). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODERNISASI TERHADAP PERUBAHAN PEMAKNAAN TRADISI LOKAL JAWA MENDHEM ARI-ARI (Korelasi terhadap Tradisi Lokal Jawa Mendhem Ari-ari di Perumahan Mutiara Persada Wonosobo))
13540087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODERNISASI TERHADAP PERUBAHAN PEMAKNAAN TRADISI LOKAL JAWA MENDHEM ARI-ARI (Korelasi terhadap Tradisi Lokal Jawa Mendhem Ari-ari di Perumahan Mutiara Persada Wonosobo))
13540087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Masyarakat lokal khususnya Pulau Jawa, memiliki banyak tradisi. Tradisi berkaitan dengan daur hidup manusia, mulai dari tradisi masa kehamilan, kelahiran, masa kanak-kanak, pernikahan, sampai masa kematian. Di era modernisasi, tradisi mulai memudar dan bahkan hampir punah dari kelompok masyarakat khusunya di Perumahan Mutiara Persada, Kabupaten Wonosobo. Terlebih untuk tradisi mendhem ari-ari, tradisi yang mulai memudar ini sangat disayangkan jika melihat banyak tradisi yang masih bertahan di era modernisasi. Walaupun mengalami perubahan masyarakat harus tetap menjaga warisan dari leluhur atau nenek moyang. Modernisasi telah merubah pola pikir atau pandangan warga Perumahan Mutiara Persada tentang suatu tradisi. Sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh modernisasi terhadap perubahan makna tradisi mendhem ari-ari. Penelitian ini menggunakan mixed method yang menggabungkan penelitian kuantitatif dengan menggunakan media angket untuk mendapatkan data dan juga metode kualitatif dengan wawancara beberapa narasumber. Data yang diperlukan dalam penelitian ini selain pengisian angket dan wawancara juga dengan observasi terhadap subyek penelitian yang akan dianalisis dengan teori modernisasi Max Weber dan Alex Inkeles. Subyek dalam penelitian ini adalah warga Perumahan Mutiara Persada Wonosobo yang terbagi dalam tiga Rukun Tetangga (RT) dalam satu Rukun Warga (RW). Hasil dari penelitian ini yakni koefisien yang dihasilkan dari pengisian angket dan diolah menggunakan SPSS ialah 0.755 yang mengatakan pengaruh modernisasi terhadap tradisi adalah kuat menurut pedoman interpretasi koefisien Sugiyono. Aspek teknologi, pendidikan dan aspek kultur massa yang memiliki pengaruh besar dalam perubahan kehidupan sosial dan budaya masyarakat Perumahan Mutiara Persada. Dengan adanya teknologi yang canggih dan pendidikan yang tinggi menjadikan masyarakat Perumahan Mutiara Persada tidak lagi memberikan pemaknaan khusus terhadap nilai-nilai budaya dalam tradisi yang ditinggalkan oleh para leluhur. Meskipun tidak semua warga di Perumahan Mutiara Persada dapat menerima adanya modernisasi, namun masih ada yang menjalankan tradisi, walaupun tidak se sakral yang sebelumnya. Banyak perlengkapan maupun piranti dalam tradisi yang dihilangkan atau diganti dengan yang baru. Kata kunci : Modernisasi, Tradisi Mendhem Ari-Ari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Moh. Soehadha, S.Sos.M.Hum
Uncontrolled Keywords: Modernisasi, Tradisi Mendhem Ari-Ari
Subjects: Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Aug 2017 06:44
Last Modified: 03 Aug 2017 06:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26889

Actions (login required)

View Item View Item