RASIONALITAS PARA GAMERS GAME ONLINE DOTA 2 DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA

NUR KHAYATI BILHAQ, NIM. 13540089 (2017) RASIONALITAS PARA GAMERS GAME ONLINE DOTA 2 DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (RASIONALITAS PARA GAMERS GAME ONLINE DOTA 2 DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA)
13540089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RASIONALITAS PARA GAMERS GAME ONLINE DOTA 2 DI KALANGAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA)
13540089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Manusia dan hiburan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sekarang ini, hiburan yang paling banyak diminati adalah hiburan dengan menggunakan koneksi internet, salah satunya bermain game online. Bermain game online memiliki manfaat sebagai hiburan. Namun, ketidakmampuan untuk mengontrol dapat mendatangkan kerugian bagi penggunanya. Penelitian ini menjelaskan rasionalitas para pemain game online DOTA 2, alasan para pemain game DOTA 2 memilih dan mau untuk bermain game tersebut bahkan hingga berjam-jam. Selain itu di dalam penelitian ini juga dikaji nilai-nilai agama yang terdapat di dalam perilaku bermain game DOTA 2 tersebut. Kajian dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang bermain game DOTA 2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rasionalitas para pempain game DOTA 2 dibalik perilaku bermain game tersebut serta mengetahui nilai-nilai agama yang muncul di dalam perilaku mereka terkait dengan aspek aspek di dalam permain game tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptifkualitatif yang menggunakan teknik observasi dan wawancara sebagai cara untuk memperoleh data. Teori yang digunakan adalah teori Rasionalisasi Max Weber untuk menjelaskan bentuk-bentuk rasionalitas yang melatarbelakangi mahasiswa dalam melakukan perilaku bermain game DOTA 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasionalitas dibalik perilaku bermain game online ada 4, pertama rasionalitas praktis yaitu lebih mempertimbangkan hal yang paling cepat dan praktis dilakukan, yaitu bermain game sebagai hiburan. Kedua, rasionalitas teoritis yang mempertimbangkan pengalaman pemain game. Ketiga, rasionalitas substantif yaitu mempertimbangkan nilai nilai dan ajaran dalam agama. Keempat, rasionalitas formal yang mempertimbangkan aturan yang mengikat para mahasiswa di dunia perkuliahan. Sedangkan nilai-nilai agama yang ada di dalam perilaku mahasiswa pemain game DOTA 2 ini adalah nilai kerjasama yang dipengaruhi komunikasi dan timbal balik dan nilai silaturrahim serta nilai bersiasat juga mempengaruhi nilai-nilai sebelumnya yaitu kerjasama dan silaturrahim. Kata kunci : agama, gamers game DOTA 2, rasionalitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Munawar Ahmad, S. S., M. Si
Uncontrolled Keywords: agama, gamers game DOTA 2, rasionalitas.
Subjects: Gaya Hidup
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2017 07:47
Last Modified: 07 Aug 2017 07:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26890

Actions (login required)

View Item View Item