STATUS PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU TINDAK PIDANA BAGI PENDERITA GANGGUAN MENTAL KATEGORI KEPRIBADIAN ANTI SOSIAL PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM

NIKE ROSDIYANTI, NIM. 13360007 (2017) STATUS PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU TINDAK PIDANA BAGI PENDERITA GANGGUAN MENTAL KATEGORI KEPRIBADIAN ANTI SOSIAL PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STATUS PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU TINDAK PIDANA BAGI PENDERITA GANGGUAN MENTAL KATEGORI KEPRIBADIAN ANTI SOSIAL PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM)
13360007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STATUS PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU TINDAK PIDANA BAGI PENDERITA GANGGUAN MENTAL KATEGORI KEPRIBADIAN ANTI SOSIAL PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM)
13360007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Gangguan mental kepribadian antisosial merupakan pola pengalaman dan perilaku tidak wajar yang berhubungan dengan pikiran, perasaan, hubungan pribadi, dan pengendalian dorongan keinginan. Individu yang mengalami gangguan kepribadian antisosial disebut juga dengan sosiopat. Mereka tidak memiliki rasa bersalah dan bertanggungjawab atas segala tindakan yang dia lakukan termasuk apabila perbuatannya tersebut merugikan orang lain, sebab mereka ini kurang memiliki pertimbangan akal. Sementara itu suatu tindak pidana bisa dilakukan oleh siapapun tanpa memandang pelakunya termasuk di sini mereka yang mengalami gangguan kepribadian antisosial. Kemudian apakah terhadap mereka ini masih dapat diberlakukan pertanggungjawaban pidana atau tidak. Untuk itu, penelitian ini akan melihat bagaimana status pertanggungjawaban pelaku tindak pidana bagi penderita gangguan mental kepribadian antisosial ini dengan dilihat dari dua perspektif hukum yakni hukum Positif dan hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah library research yaitu suatu penelitian yang data dan bahan kajiannya berasal dari sumber-sumber kepustakaan baik berupa buku, jurnal, maupun literatur-literatur lainnya. Adapun sifat penelitian yang digunakan adalah analisis-komparatif. Analisis berarti menganalis dari penjelasan mengenai status pertanggungjawaban tindak pidana yang dilakukan oleh penderita gangguan mental kategori kepribadian antisosial dengan perbandingan perspektif menurut Hukum Positif dan Hukum Islam. Hasil dari penelitian ini mengarah pada suatu kesimpulan bahwa status pertanggungjawaban pelaku tindak pidana bagi penderita gangguan mental kepribadian antisosial baik menurut hukum Positif maupun hukum Islam adalah keduanya sepaham jika pelakunya tetap bisa dimintai pertanggungjawaban pidana. Namun terjadi perbedaan dalam beberapa hal salah satunya mengenai status hukuman yang diberikan kepada pelakunya. Pada hukum positif pelaku pidana yang menderita gangguan mental kepribadian antisosial dapat dikenai pertanggungjawaban pidana, dapat dikenainya ini berarti posisi pelaku secara tidak langsung disamakan dengan pelaku pidana lain yang tidak memiliki gangguan mental. Sementara dalam hukum Islam, mengenai status hukumannya sendiri masih terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Nurdhin Baroroh, S.HI.,M.SI
Uncontrolled Keywords: Gangguan Mental, Kepribadian antisosial, Pertanggungjawaban, hukum Positif, hukum Islam.
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Jul 2017 06:57
Last Modified: 31 Jul 2017 08:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26892

Actions (login required)

View Item View Item