IMPLIKASI PENGUASAAN NAHWU-SHOROF SISWA TERHADAP PEMAHAMAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1

ABDULLAH FAHRI NIM. 03420243, (2009) IMPLIKASI PENGUASAAN NAHWU-SHOROF SISWA TERHADAP PEMAHAMAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI PENGUASAAN NAHWU-SHOROF SISWA TERHADAP PEMAHAMAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (849kB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI PENGUASAAN NAHWU-SHOROF SISWA TERHADAP PEMAHAMAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (355kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implikasi penguasaan nahwu dan shorof siswa terhadap pemahaman bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta 1, serta mengetahui secara jelas siswa yang menguasai dasar-dasar ilmu nahwu dan shorof apakah mereka lebih mudah dalam memahami mata pelajaran bahasa Arab ataukah sebaliknya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu seorang guru bahasa Arab dalam memperoleh wawasan baru tentang model pembelajaran yang bisa digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dengan penguasaan ilmu nahwu shorof. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data siswa kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Negeri Yogyakarta 1 sebagai objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan kuesioner (angket). Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata siswa dalam penguasaan dasar-dasar ilmu nahwu-shorof sebesar 6.58 atau masuk dalam kategori cukup, sedangkan siswa yang mengetahui dasar-dasar ilmu nahwu dan shorof sebanyak 55,6%, tidak mengetahui sebanyak 27,8 %, dan ragu-ragu sebanyak 16,6%, sedangkan siswa yang menjawab ilmu nahwu dan shorof sangat membantu dalam memahami pelajaran bahasa Arab sebanyak 69,4%, cukup membantu 22,2%, dan siswa yang menjawab ilmu nahwu dan shorof tidak bisa membantu dalam memahami pelajaran bahasa Arab sebanyak 8,4%. Dari hasil pengamatan penulis dan wawancara dengan guru bahasa Arab sebagian besar siswa mengetahui dasar-dasar ilmu nahwu-shorof, dan dari hasil tes dasar penguasaan dasar-dasar nahwu-shorof nilai rata-rata siswa kelas VIII A adalah 6.58 masuk dalam kategori cukup, sedangkan angket yang disebarkan kepada siswa menunjukkan mayoritas siswa menjawab ilmu nahwu-shorof sangat membantu dalam memahami pelajaran bahasa Arab. Berarti ada implikasi siswa yang menguasai dan mengetahui dasar-dasar ilmu nahwu-shorof akan mudah dalam memahami pelajaran bahasa Arab. Walaupun masih ada kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam belajar bahasa Arab, namun dari permasalahan yang dihadapi oleh siswa dalam belajar bahasa Arab, seorang guru hendaknya di tuntut mampu untuk memberikan solusi yang tepat sehingga dapat mengurangi atau mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa ketika belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Implikasi, Penguasaan, Nahwu Shorof, Siswa, Pemahaman, Bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 09 Aug 2012 16:59
Last Modified: 03 Apr 2017 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2690

Actions (login required)

View Item View Item