PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SEKOLAH ADIWIYATA SMP NEGERI 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)

AFIANI FATKHU MISBAKH LESTARI, NIM. 12410263 (2017) PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SEKOLAH ADIWIYATA SMP NEGERI 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SEKOLAH ADIWIYATA SMP NEGERI 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA))
12410263_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SEKOLAH ADIWIYATA SMP NEGERI 2 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA))
12410263_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

AFIANI FATKHU MISBAKH LESTARI. Peran Pendidikan Agama Islam terhadap Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah (Studi Kasus di Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 2 Kalasan, Sleman, Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah peran Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup belum maksimal. Guru hanya mengejar tujuan pembelajaran sesuai kurikulum selesai, tanpa adanya pengembangan terkait dengan lingkungan, karena sekolah ini juga termasuk sekolah adiwiyata (sekolah peduli dan berbudaya lingkungan). Padahal dalam Islam banyak mengajarkan etikaetika terhadap lingkungan, mulai dari pemanfaatannya dan pelestariannya. Jadi harapannya Pendidikan Agama Islam dapat memiliki peran yang maksimal dalam pendidikan lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peran Pendidikan Agama Islam dalam pendidikan lingkungan hidup di SMP Negeri 2 Kalasan dan dampak adanya program adiwiyata dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dan mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Kalasan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Pengolahan data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Peran Pendidikan Agama Islam dalam pendidikan lingkungan hidup: pemanfaaan barang-barang bekas/sampah untuk digunakan sebagai media pembelajaran, pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran (integrasi antara pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendidikan lingkungan hidup); 2) dampak program adiwiyata untuk Pendidikan Agama Islam: a) mengintegrasikan materi dalam pendidikan lingkungan hidup ke dalam materi Pendidikan Agama Islam yang relevan, yakni materi Thaharah dan Hadits tentang Kebersihan, b) ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pendidikan karakter, terutama karakter peserta didik yang peduli dan cinta dengan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, pendidikan lingkungan hidup, sekolah adiwiyata
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 13:48
Last Modified: 26 Jul 2017 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26905

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum