PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI KASUS BULLYING DI MTS NEGERI 3 SLEMAN

ZAHROTUL FAIZAH, NIM. 13410001 (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI KASUS BULLYING DI MTS NEGERI 3 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI KASUS BULLYING DI MTS NEGERI 3 SLEMAN)
13410001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI KASUS BULLYING DI MTS NEGERI 3 SLEMAN)
13410001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Zahrotul Faizah. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menangani Kasus Bullying di MTs Negeri 3 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani kasus bullying yang merebak di MTs Negeri 3 Sleman. Dalam pencegahan tersebut maka guru Pendidikan Agama Islam membutuhkan berbagai macam program yang dianggap mampu dalam menangani kasus bullying, sehingga tujuan dalam penanganan bullying dapat terpenuhi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang sejauh mana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menangani kasus bullying di MTs Negeri 3 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Penelitan ini mengambil latar belakang di MTs Negeri 3 Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala TU, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, Humas dan Sarpras, Guru PAI dan peserta didik MTs Negeri 3 Sleman. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi, baik sumber, teknik, maupun waktu. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk bullying yang ada di MTs Negeri 3 Sleman dapat dikelompokkan menjadi 3 macam yaitu bullying fisik, bullying verbal dan bullying tidak langsung. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam dan hasilnya dalam menangani kasus bullying yaitu dengan melakukan kerjasama dengan warga sekolah sehingga dapat mengontrol perilaku peserta didik, melakukan pengamatan langsung sehingga peserta didik mampu meminimalisir sikap dan tindakannya, memberikan peer mentoring dan bimbingan saat proses belajar mengajar sehingga peserta didik yang teridentifikasi sebagai korban bullying dapat memproteksi dirinya dan yang terlibat dapat meminimalisisr tindakannya, dan melalui berbagai macam program keagamaan sehingga lambat laun kasus bullying semakin berkurang. Faktor pendukung antara lain adanya kerjasama dari berbagai pihak dalam mengoordinir peserta didik untuk melakukan shalat Dhuha dan shalat Dzuhur berjamaah; adanya dukungan dari kepala sekolah; adanya kerjasama yang cukup baik antara sekolah dan orang tua; dan adanya kesadaran dari siswa dalam mengikuti program keagamaan. Faktor penghambat antara lain sarana prasarana yang kurang mendukung; belum adanya kesadaran dari guru Pendidikan Agama Islam tentang bullying; guru-guru di MTs Negeri 3 Sleman terutama guru Pendidikan Agama Islam menangani kasus bullying hanya ketika mendapatkan pengaduan atau laporan dari peserta didik; dan adanya berbagai macam faktor dari luar yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Hamidi, MA.
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Bullying
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 13:52
Last Modified: 26 Jul 2017 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26906

Actions (login required)

View Item View Item